Home / REGIONAL / EMPAT LAWANG / WC DI LINGKUNGAN PEMKAB DINILAI TIDAK STANDAR

WC DI LINGKUNGAN PEMKAB DINILAI TIDAK STANDAR

EMPAT LAWANG, LhL – Dalam rangka memperingati HUT RI ke 71, Pemkab Empat Lawang mengadakan lomba kebersihan lingkungan kantor pemerintahan Kabupaten Empat Lawang, mulai hari ini (Kemarin, RED) hingga dua hari kedepan.

Tim penilai terdiri dari gabungan beberapa instansi terkait, yaitu Dinas Pasar Kebersihan dan Keindahan Kota (DPK3), Dinas Kesehatan, Disdukcapil, KB, Dinas Kesehatan, dan Badan Penyuluhan Pertanian dan Ketahanan Pangan (BP2KP), dan hasilnya nanti akan dilaporkan ke Asisten 2.

Kriteria penilaian lomba terdiri dari penilaian eksternal dan internal. Penilaian eksternal meliputi taman kantor, perawatan kantor, tempat parkir, tempat sampah di luar kantor, dan drainase pembuangan air, sedangkan untuk penilaian internal meliputi kondisi penataan ruang kerja, WC, keasrian ruangan kerja, dan keberadaan tempat sampah.

Baca Juga  MULAI 1 NOVEMBER MENDATANG MOTOR BODONG AKAN DITINDAK

Namun, berdasarkan data yang didapat di lapangan, ada satu point yang sangat menarik dari kriteria penilai tersebut yaitu kebersihan WC. Masih ada WC yang kotor bahkan tidak memiliki air.

Ketua tim penilai dari DPK3 Roasia Hidayah mengatakan penilaian dilakukan secara merata diseluruh perkantoran pemerintah di lingkungan Empat Lawang.

“Semua Dinas, Badan Kantor, kita lakukan secara merata dengan semua kriteria yang sudah disebutkan tadi,” ujar Roasia, Kamis (11/08)

Dikatakan Roasia, khusus untuk WC, masih ada beberapa kantor yang butuh perhatian khusus.

“Hampir 50 persen WC yang ada di Dinas, Badan ataupun Kantor yang tidak memenuhi standard dan butuh perhatian khusus, Kalau WC nya bersih, rapi, saya yakin pasti kantornya juga rapi dan bersih,” bebernya.

Baca Juga  SIMPAN SHABU DI ATAS LEMARI, GRANDONG DITANGKAP

Meskipun demikian, sambungnya, untuk kategori lainnya, banyak yang sudah bagus dan sesuai standar.

“Sudah ada perkantoran yang menata tamannya, bahkan ada juga yang menyediakan tempat khusus smoking area,” tukasnya

Sementara itu, Kabid Pencemaran pada BLHD Empat Lawang Tukimin mengatakan, penilaian perlombaan tersebut sangat bagus dilakukan untuk memotivasi memperbaiki dan menjaga kebersihan kantor, namun sebaiknya kebersihan tetap harus dijaga, bukan hanya pada saat penilaian.

“Kalau bisa bukan saja bersih pada saat penilaian, tapi bersih untuk seterusnya,” pungkasnya.

 

Naskah / Photo (Batok)

Check Also

Event Burung Berkicau Bupati Cup Empat Lawang 2022, Diikuti Ratusan Peserta dari Pulau Sumatera dan Jawa

Author : Tim EMPAT LAWANG, LhL – Untuk pertama kalinya setelah pasca pandemi Covid-19, lomba …

SMM Panel

APK

Jasa SEO