Home / LAHAT METROPOLIS / Kecamatan Kota Lahat / PTM SEBABKAN ANGKA KEMATIAN

PTM SEBABKAN ANGKA KEMATIAN

Author : LIN

LAHAT, LhL – Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Lahat, dr H Rasyidi Amri MT MKM didampingi Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, H Ubaidillah SKM MKes melalui Kepala Seksi (kasi) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular, Kesehatan Jiwa dan Napza, Farlian Fardan SKM membenarkan, bahwasanya 90 persen masyarakat di Indonesia dari angka kematian disebabkan penyakit tidak menular (PTM).

“Berdasarkan data yang ada, setidaknya 90 persen masyarakat di Indonesia beresiko mengidap penyakit tidak menular (PTM),” katanya, ditemui, disela-sela pengecekan kesehatan, Rabu (12/4).

Baca Juga  HARI "H" IDUL FITRI, RUMAH DINAS BUPATI LAHAT DISERBU RIBUAN WARGA

Tentang tujuan dari pemeriksaan ini, lanjut dia, agar faktor resiko penyakit tidak menular itu dapat diketahui lebih dini. Gejala penyakit seperti, stroke, kolesterol, asam urat, gula darah, kencing manis.

“Pastinya jantung, yang mana banyak angka kematian melalui penyakit tidak menular,” urai Farlian.

Upaya dalam pencegahan dini, terang Farlian, penderita harus banyak mengkonsumsi sayur mayur, buah dan aktifitas olahraga, guna mengurangi obesitas (kegemukan, red).

Baca Juga  Program PPM, PT BMS Resmikan Budidaya Cacing Tanah di Kelurahan Kota Baru

“Tentunya perbanyak makanan mengkonsumsi sayur, buah dan aktifitas olahraga, sehingga setidaknya mengurangi obesitas,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadiskominfo) Kabupaten Lahat, Drs H Agustiar Effendi Msi mengungkapkan, ini untuk mengetahui kesehatan dari pegawai, mulai berat badan (BB), tinggi badan hingga lingkar perut, sehingga nantinya dapat diberi himbau kepada mereka.

“Ini sangat positif sekali, dengan demikian akan diketahui dan apa yang harus diupayakan, untuk menjaga kesehatan pegawai,” tandasnya.

Editor : Yadi

Check Also

Maridi, Tokoh Masyarakat Wanaraya Nyatakan Dukungan pada Cabup Lahat Yulius Maulana

Author : Ujang LAHAT, LhL – Maridi (69) Tokoh Masyarakat (Tomas) sekaligus ayah dari Santo …

SMM Panel

APK

Jasa SEO