Home / REGIONAL / PAGAR ALAM / Kawal Ketat Pleno KPU di Gunung Gare, Polres Pagar Alam Gelar Taktical Floor Game

Kawal Ketat Pleno KPU di Gunung Gare, Polres Pagar Alam Gelar Taktical Floor Game

Author : Toni Ramadhani

PAGARALAM, LhL – Memastikan jalannya pengamanan Pleno rekapitulasi Pemilu 2024 yang dipusatkan di SDN 74 Gunung Gare, pada Selasa (27/2/2024), Polres Pagar Alam menggelar Taktical Floor Game (TFG).

TFG yang digelar di Aula Wirasatya 96 Mapolres Pagar Alam sebagai Simulasi Pengamanan Pleno Rekapitulasi Suara tingkat Kota. Yakni Pilpres DPD, DPR RI, DPR Provinsi dan DPR kota Pagar Alam.

Terpantauan taktical floor game yang digelar dipimpin Kapolres Pagar Alam AKBP Erwin Aras Genda SIK didampingi Kabag Ops Kompol Herry Widodo SH.

Giat TFG ini merupakan rangkaian pengamanan tahapan Pemilu 2024 di Pagar Alam.

“Besok (Selasa, red) akan digelar Pleno rekapitulasi suara Pemilu 2024 tingkat kota,” ujar Kapolres, disela taktical floor game, Senin (26/2/2024).

Hari ini, lanjut Kapolres digelar simulasi pengamanannya. Jadi, ini sebagai bentuk untuk kesiapan dan mematangkan pengamanan Pleno tingkat kota.

Baca Juga  Hadiri Banyak Undangan Resepsi Pernikahan, ini Doa Yulius Maulana Untuk Para Mempelai

“Jadi, TFG mengantisipasi dan mencegah hal yang tak diinginkan selama rangkaian Pemilu 2024 di Kota Pagar Alam,” ujar dia seraya mengatakan jika sebelumnya untuk mengawal jalannya Pemilu Polres Pagar Alam sudah menyiapkan Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) hingga Pleno.

Kapolres juga mengingatkan, pergerakan massa susupan atau kiriman dalam jumlah sedikit disejumlah titik yang harus diwaspadai.

“Saya sarankan, tetap dilakukan patroli oleh personel, baik Sabhara, Satlantas juga Intelkam sebar intelijen saat pelaksanaan Pleno. Tidak hanya fokus di lokasi Pleno,” beber dia.

Mengenai kekuatan personel pengamanan Pleno, ditambahkan Kabag Ops Kompol Herry Widodo SH mengatakan sekitar 100 personel gabungan satfung (satreskrim, Intelkam, Samapta, Satlantas, dan Polsek).

“Personel kita sebar yang dibagi 3 ring disekitar lokasi Pleno yakni di aula hedung SDN 74 Gunung Gare,” ujar Kabag Ops.

Detailnya, untuk ring I di lokasi dalam gedung terdiri dari intelkan dan satreskrim. Untuk akses masuk lokasi Pleno disterilkan setiap tamu akan diperiksa oleh petugas yang dilengkapi metal detector.

Baca Juga  Penurunan Angka Stunting Pagar Alam Dipuji Tim Penilaian Independen

Ring 2, dihalaman gedung disebar anggota gabungan Polsek. Untuk ring 3 disekitar lokasi gedung.

Mengantisipasi adanya gejolak massa, dimana Polres Polres Pagar Alam juga menyiapkan brigade pagar kawat dan armored water canon (AWC) yang disiagakan di gerbang masuk aula Gedung SDN 74 Kota Pagar Alam.

Tidak hanya itu, juga mendeteksi pergerakan massa yang akan menuju lokasi Pleno.
“Kita akan melakukan penyekatan pergerakan massa di titik Kantor BNN Kota Pagar Alam. Atau di Gedung MTQ. Jangan sampai adanya gangguan pada saat pelaksanaan Pleno,” ujar dia.

Sementara, pada simulasi TFG turut dihadri Pabung Kodim 0405 Lahat Mayor Inf Saibudin, PJU, perwakilan KPU, Bawaslu. Serta jajaran Polsek.

Editor : RON

Check Also

Aplikasi Sistem Informasi Geoportal Kebijakan Satu Kabupaten Lahat, Peta Dilaunching

Author : BRP LAHAT, LhL – Mewakili Pj Bupati Lahat, Sekda Lahat Chandra, SH, MM …

SMM Panel

APK

Jasa SEO