Home / LAHAT METROPOLIS / Peringatan Hari Dokter Nasional Tahun 2023, Ini Harapan Ketua IDI Cabang Lahat

Peringatan Hari Dokter Nasional Tahun 2023, Ini Harapan Ketua IDI Cabang Lahat

Author : Ganda Coy

LAHAT, LhL – Bangsa Indonesia pada hari ini, Selasa (24/10/2023), memperingati Hari Dokter Nasional. Simak sejarah Hari Dokter Nasional yang selalu diperingati setiap tanggal 24 Oktober.

Selain memperingati Hari Dokter Nasional, tiap tanggal 24 Oktober ternyata juga merupakan HUT IDI (Ikatan Dokter Indonesia). Mengutip laman resmi IDI, organisasi tersebut merupakan satu-satunya kelompok pekerja profesional yang menuaungi para dokter di seluruh Indonesia. IDI Didirikan dengan tujuan menjaga dan meningkatkan harkat dan martabat dokter. Serta, menjaga kehormatan profesi kedokteran.

Masih mengutip situs resmi IDI, keberadaan IDI berawal dari perhimpunan yang bernama Vereniging Van Indonesische Genesjkundigen (VIG). Perhimpunan VIG, dibentuk pada tahun 1926 yang bertujuan untuk menyuarakan pendapat dokter. Kemudian, pada tahun 1940, di masa pendudukan Jepang, VIG dibubarkan. Atas pembubaran tersebut lahirlah IDI. Sayangnya, pada saat itu IDI belum mendapat dasar hukum dari pemerintah. Kemudian pada tanggal 30 Juli 1950, dibentuklah panitia penyelenggara Muktamar Dokter Warganegara Indonesia (PMDWNI) yang diketuai Dr. Bahder Djohan.

Baca Juga  Buka Sosialisasi E-Kinerja ASN, Begini Pesan Wakil Bupati Lahat

Panitia ini bertugas menyelenggarakan ‘Muktamar Dokter Warganegara Indonesia’. Muktamar tersebut bertujuan untuk mendirikan suatu perkumpulan dokter warga negara Indonesia yang baru. Muktamar itu juga wadah representasi dunia dokter Indonesia, baik dalam maupun luar negeri. Akhirnya, Muktamar Ikatan Dokter Indonesia (MIDI) pertama kali digelar pada tanggal 22-25 September 1950 di Deca Park. Sebanyak 181 dokter WNI (62 di antaranya datang dari luar Jakarta) menghadiri Muktamar tersebut. Dalam muktamar IDI itu, Dr. Sarwono Prawirohardjo terpilih menjadi Ketua Umum IDI pertama.

Pada tanggal 24 Oktober 1950, Dr. Sarwono bersama dengan pengurus lainnya menghadap Notaris R. Kadiman. Semua itu, guna mencatatkan pembentukan IDI yang disepakati berdasarkan Muktamar Dokter Warga Negara Indonesia. Sejak saat itulah tanggal tersebut ditetapkan sebagai tahun ulang IDI. Hingga saat ini, tanggal 24 Oktober diperingati sebagai Hari Dokter sekaligus merayakan HUT IDI.

Baca Juga  Polres Lahat Gelar Apel Pasukan Operasi Keselamatan Musi Tahun 2023

Dalam kesempatan ini Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Lahat Provinsi Sumatera Selatan dr, Edy Kurniawan mengatakan, pada peringatan HUT IDI ke 73, berharap para dokter bisa terus meningkatkan profesionalismenya, tetap belajar, dan berkarya.

“Para dokter juga harus terus menjaga etika luhur kedokterannya, sesuai dengan sumpah dokter yang sudah dilafalkannya saat pertama kali menjadi dokter,” tegas Edi, selasa (24/10/2023).

Masih katanya IDI juga harus berperan untuk menurunkan stunting serta meningkatkan derajat kesehatan masyarakat sehingga produktivitas masyarakat juga meningkat.

“Kami keluarga besar IDI Kabupaten Lahat mengucapkan selamat Hari Dokter Nasional tahun 2023, terima kasih telah menyembuhkan pasien Anda dan memastikan bahwa mereka dapat kembali dengan aman ke orang yang mereka cintai. Mengirimkan Anda salam tulus pada Hari Dokter Nasional,” tambahnya dengan penuh semangat.

 

Editor : Ron

Check Also

Joncik Muhammad – Arifa’i Resmi Dapat Dukungan Partai Demokrat Untuk Maju Pilkada Empat Lawang 2024

# Dapat Dukungan Partai Demokrat, Joncik Muhammad – Arifa’i Makin Mantap EMPAT LAWANG, LhL – …

SMM Panel

APK

Jasa SEO