Home / LAHAT METROPOLIS / Kecamatan Mulak Ulu / Manfaatkan Lahan Sempit Untuk Beternak, Ini Yang Dilakoni Wartawan
Foto Nopi : Tampak Ivi Hamzah Memberikan Makan Pada Hewan Ternaknya

Manfaatkan Lahan Sempit Untuk Beternak, Ini Yang Dilakoni Wartawan

Author : Nopiriadi

MULAK ULU, LhL- Beternak bukanlah hal sulit bagi siapa saja, asalkan ada keinginan dan lokasinya, sudah dapat diwujudkan. Seperti yang dilakukan oleh Ivi Hamzah, seorang wartawan yang tinggal di Desa Geramat Kecamatan Mulak Ulu, Kabupaten Lahat Sumatera Selatan. Dalam kesehariannya ia tetap menekuni profesinya sebagai penyambung lidah masyarakat, namun jikalau waktu luang ia sempatkan mengurus beberapa ternaknya, seperti sapi, entok dan ayam kampung. Baginya, beternak tersebut sangatlah menghibur, karena sepulang dari pekerjaan ia dapat memberi makan pada ternak-ternak nya.

“Saya memanfatkan lahan kosong, sayang gak diisi meskipun cuma beberapa ekor sudah sangat menghibur,”terangnya Senin (4-7-2023).

Baca Juga   Dinas DPMPTSP Lahat Siapkan Mobil Keliling Pelayanan Perizinan

Hidup tinggal di desa, terasa rugi kalau tidak beternak ayam kampung, entok, itik, atau apapun jenisnya. Karena secara tidak langsung, ternak tersebut akan beranak pinak dan sudah pasti akan menambah penghasilan. Makanya ia berpesan pada anak-anak muda jaman sekarang, belajarlah untuk beternak sejak dini, sebagai tabungan di hari tua. Kebanyakan masyarakat pada umumnya, khusunya yang tinggal di kampung, masih kebanyakan sifat malasnya ketimbang kemauannya. Padahal awal beternak tersebut untuk skala rumahan tidak harus banyak-banyak, cukup memelihara entok atau ayam sepasang-sepasang sudah cukup, toh tidak akan menguras tenaga dan lahan sempit pun bisa bermanfaat.

Baca Juga   Desa Tanjung Aur Kimteng Laksanakan Musdes Tahun Anggaran 2023

“Sekarang ini harga ayam makin mahal, sedangkan hal tersebut sudah menjadi kebutuhan pokok, apalagi di musim hajatan sudah menjadi tradisi kita jika rewang ketempat orang hajatan kita membawa ayam satu atau dua ekor. Nah untuk mengimbanginya kita harus pintar-pintar menutupinya dengan cara beternak sendiri. Apalagi kalau kita mau makan daging atau telor, kalau ada ternak tinggal ngambil,”ujarnya memberi semangat.

Editor : Ron

Check Also

Wabup Buka Review Kinerja Tahunan Aksi Konvergensi Percepatan Penurunan Stunting 

Author : Ganda Coy LAHAT, LhL – Bertempat di Hotel Calista, diadakannya acara pertemuan Reviu …

SMM Panel

APK

Jasa SEO

error: Content is protected !!