Home / LAHAT METROPOLIS / Kecamatan Pseksu / Demi Menyambung Hidup, Kerja Keras dan Lelah Sudah Akrab dengan Dua Bersaudara Ini
FOTO (Ramson) : Terlihat Zulkarnian (27) dan adiknya Harnanto (20) sedang menebas rumput di kebun salah seorang tetangganya.

Demi Menyambung Hidup, Kerja Keras dan Lelah Sudah Akrab dengan Dua Bersaudara Ini

Author : Ramson

PSEKSU, LhL – Hampir setiap hari dua orang adik kakak ini Zulkarnain (27) dan adiknya Harnanto (20) membersihkan lahan milik warga Dusun Bemban, Desa Lubuk Atung, Kecamatan Pseksu, Kabupaten Lahat, Provinsi Sumatra Selatan.

Sebagai buruh harian, pekerjaan yang mereka lakukan bervariasi, mulai dari membantu membuka dan menebas lahan hingga menanam dan bahkan panen. Seperti halnya yang mereka lakukan hari ini, Senin (4/7) di lahan milik seorang petani, Soni (40) warga setempat, ia meminta kepada dua orang tersebut untuk membantu, membersihkan lahan kebun miliknya.

“Saya minta bantuan kepada mereka utuk, menebas di kebon saya, hal ini saya lakukan agar lahan saya terlihat bersih, dan cepat selesai penebasannya,” cetus Soni.

Baca Juga   Bupati Lahat Tinjau Langsung Lokasi Kebakaran di Sekip Sidomulyo Serta Salurkan Bantuan

Sementara Zulkarnain mengatakan, sebagai orang yang apa adanya pekerjaan yang ia lakukan bersama adiknya ini sangatlah berarti bagi mereka dan itu sudah biasa ia lakukan.

“Di saat tidak mengerjakan lahan milik kami sediri, kami berdua hampir tiada henti mecari pekerjaan jika ada tetangga yang membutuhkan tenaga kami, seperti hari ini kami, melakukan pekerjaan, menebas di lahan milik tetangga,” ujar sang kakak ini.

Zulkarnain menyadari jika upah yang mereka terima tidak begitu besar, namun baginya asal bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari itu sudah cukup bagi mereka.

Baca Juga   Polres Lahat Berhasil Ungkap Kasus Tindak Pidana Penganiayaan

“Upah kita perorang itu berkisar Lima Puluh Ribu Rupiah ditambah satu bungkus rokok, kalau makan biasanya kami bawa sendiri. Terkadang kalau lagi rejeki dilebihi oleh penyewa jasa kami, kalau upahan meracun rumput itu berbeda lagi,” ungkapnya.

Di selah istirhatnya, ia pun mengatakan, walaupun pekerjaan yang mereka geluti tergolong pekerjaan berat, tapi mereka senang menjalaninya.

“Dinikmati saja, senang juga rasanya bisa membantu warga yang membutuhkan tenaga pekerja seperti kami ini. Semoga apa yang sudah kerjakan bisa diterima dan tidak mengecewakan para penyewa jasa kami,” tukasnya.

Editor : Ron

Check Also

Wabup Buka Review Kinerja Tahunan Aksi Konvergensi Percepatan Penurunan Stunting 

Author : Ganda Coy LAHAT, LhL – Bertempat di Hotel Calista, diadakannya acara pertemuan Reviu …

SMM Panel

APK

Jasa SEO

error: Content is protected !!