Home / REGIONAL / MUARA ENIM / SATLANTAS POLRES MUARA ENIM LAKUKAN LATPRA OPS PATUH MUSI

SATLANTAS POLRES MUARA ENIM LAKUKAN LATPRA OPS PATUH MUSI

Author : Ari Firmansyah

MUARA ENIM, LhL – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Muara Enim, hari ini, Senin (8/5/17) melakukan Latra Ops Patuh Musi, di lapangan Polres Muara Enim. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anggota dan penyamaan persepsi cara bertindak.

Kapolres Muara Enim, AKBP Leo Andi Gunawan SIK MPP melalui Kasatlantas Polres Muara Enim, AKP Adik Listiyono, SIK mengungkapkan, bahwa kegiatan ini jyga dilakukan dalam rangka meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat dalam bidang Kamseltibcarlantas, Khususnya di wilayah Kabupaten Muara Enim.

Menurut Adik, Satlantas Polres Muara Enim akan melaksanakan Operasi Patuh Musi 2017 ini, akan dilaksanakan mulai 9 – 22 Mei 2017.

Baca Juga  "Aku Ini ..... Alat ......, Tapi Aku Bukan Cari ......... ke Bapak", Kapolres Lahat : Secara Pribadi Dia Sudah Saya Maafkan

“Kita tingkatkan kemampuan anggota, agar semuanya bisa teratasi dengan baik. Dengan pelatihan ini, juga diharapkan agar para peserta latihan mampu memahami dan bisa mengaplikasikannya di lapangan, sehingga tidak salah prosedur.” ujar Adik.

Adapun materi yang diberikan dalam pelatihan ini, yaitu tata cara razia di jalan, tindak penanganan Tempat Kejadian Perkara (TKP) Lakalantas, Dikmas lantas serta Turjawali lantas.

Dalam pelatihan ini, lanjut Adik, ditekankan juga masalah tata cara razia, seperti yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 80 Tahun 2012, tentang tata cara pemeriksaan kendaraan bermotor dijalan dan penindakan pelanggaran palulintas dan angkutan jalan.

Baca Juga  Kapolres Lahat Pimpin Upacara Hari Kebangkitan Nasional yang Ke- 115

“Dalam latihan ini peserta diberikan tata cara razia melalui simulasi razia yang digelar di depan Mapolres Muara Enim” tambah Adik.

Adik menyebut, dalam melakukan operasi patuh, ada beberapa hal yang penting untuk dilakukan, yaitu adanya plang pemberitahuan bahwa ada operasi minimal 15 meter dari petugas.

“Harus siap. Petugas memperlambat kendaraan, disiagakan petugas yang menghentikan kendaraan, disiagakan petugas yang memeriksa dokumen dan menggeledah kendaraan, di sedikan petugas penindakkan pelanggaran atau Tilang. Kemudian disiapkan petugas pengamanan Barang Bukti (BB), adanya kelompok pengejar (Swiper) yang siaga serta adanya petugas pengawas kegiatan”, tutupnya.

Editor : Zul

Check Also

Ikut Pawai Takbiran, Peserta Terbaik Bakal Dapat Hadiah Menarik

# Pemkab Muba Buat Semarak Malam Takbiran Hari Raya Idul Fitri 1445 H / 2024 …

SMM Panel

APK

Jasa SEO