Home / LAHAT METROPOLIS / Kecamatan Muara Payang / SOSIALISASI PKBN, MASYARAKAT DIAJAK SAMA SAMA BELA NEGARA

SOSIALISASI PKBN, MASYARAKAT DIAJAK SAMA SAMA BELA NEGARA

Author : Hendri P

MUARA PAYANG, LhL – Negara adalah suatu daerah atau wilayah yang ada di permukaan bumi dimana terdapat pemerintahan yang mengatur ekonomi, politik, sosial, budaya, pertahanan, keamanan dan lain sebagainya. Di dalam suatu Negara minimal terdapat unsur-unsur Negara seperti rakyat, wilayah, pemerintah yang berdaulat serta pengakuan dari Negara lain.

Sementara PKBN mencakup lima unsur, kecintaan tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, Keyakinan atas kebenaran Pancasila, Kerelaan berkorban untuk Bangsa dan Negara serta memiliki kemampuan awal bela Negara

Untuk itu dengan hak dan kewajiban yang sama setiap orang indonesia tanpa harus dikomando dapat berperan aktif dalam melaksanakan bela Negara. Membela negara tidak harus dalam wujud perang tetapi bisa diwujudkan dengan cara lain

“Seperti ikut serta dalam mengamankan lingkungan sekitar seperti Siskambling, ikut serta membantu korban bencana di dalam negeri, belajar dengan tekun pelajaran atau mata kuliah Pendidikan Kewargaan atau PKN dan mengikuti kegiatan ekstrakulikuler seperti Paskibra, PMR dan Pramuka.

Baca Juga  Diduga Bunuh Diri, IRT Ini Ditemukan Tewas dengan Tubuh Penuh Luka

Beberapa jenis ancaman dan gangguan pertahanan dan keamanan negara. Antara lain terorisme Internasional dan Nasional, aksi kekerasan yang berbau SARA, pelanggaran wilayah negara baik di darat, laut, udara dan luar angkasa, gerakan separatis pemisahan diri membuat negara baru, kejahatan dan gangguan lintas negara dan pengerusakan lingkungan

“Dari sudut pandang kita sebagai ibu-ibu tentang bela negara ini, anak-anak kita sekarang pikirannya handphone mereka setiap hari dan tanpa mengenal waktu memainkan itu, dan segala macam bentuk informasi ada disana. Nah, tugas kita ibu-ibu mengawasi dan mengarahkan putra putri kesayangan dan harapan kita itu”, kata Dini Anaeni Dahnial Nasution Ketua TP PKK Kecamatan Muara Payang Kepada Seluruh TP-PKK Se-Kecamatan Muara Payang di kegiatan sosialisasi Pembinaan Kesadaran Bela Negara (PKBN) yang bertempat di Aula Pertemuan Kantor Kecamatan Muara Payang, Kamis (12/01/2017)

Baca Juga  DATANGI JARAI, CIK UJANG BAGIKAN BST TIGA KECAMATAN TERDAMPAK COVID-19

Dini berpesan, untuk sama-sama menjaga keluarga dan lingkungan masyarakat desa dari peredaran gelap Narkoba.

“Kalau bukan kita, siapa lagi yang menjaga anak anak dari pengaruh hal hal negatif. Dan ini merupakan bentuk bagian dari bela negara”, ajaknya.

Sementara Ninan Susiyanti, salah satu peserta PKBN menuturkan, semua warga Negara Indonesia dari berbagai macam suku dan adat serta etnis harus sama-sama membela Negara ini.

“Termasuk kami kaum ibu-ibu adalah ujung tombak pertahanan Negara, kalau ibu-ibunya pada mabok, bagaimana bapak-bapak dan anak-abaknya. Ayo kita bela Negara, dengan menjaga keluarga dari pengaruh Negatif”, pungkas Ny.Nina berapi-api.

Editor : UJANG, SP

Check Also

Ketua DPD RI Ir. AA Lanyalla Mahmud Mattalitti Silaturahmi Ke Desa Muara Payang

Author : Toni Ramadhani MUARA PAYANG, LhL – Kedatangan Ketua DPD RI Ir. AA Lanyalla …

SMM Panel

APK

Jasa SEO