Home / LAHAT METROPOLIS / Kecamatan Pajar Bulan / Viral : Kondisi Puskesmas Pembantu Alami Kerusakan, Ini Upaya Yang Dilakukan Ketua BPD Talang Padang Tinggi

Viral : Kondisi Puskesmas Pembantu Alami Kerusakan, Ini Upaya Yang Dilakukan Ketua BPD Talang Padang Tinggi

Author : Toni Ramadhani

PAJAR BULAN, LhL – Viral, Kerusakan fasilitas umum dikeluhkan masyarakat. Kali ini kerusakan terjadi di Puskesmas Pembantu (Pustu) Desa Talang Padang Tinggi, Kecamatan Pajar Bulan, Kabupaten Lahat. Kondisinya cukup parah dibagian ruangan terutama atap dan plafon yang sudah jebol.

Hal tersebut sangat disayangkan oleh Ketua BPD Talang Padang Tinggi, Dian Putra Kusuma, A.Md.Kom Fasilitas kesehatan yang seharusnya membuat nyaman dan aman, malah mengkhawatirkan bagi keselamatan tenaga kesehatan termasuk masyarakat yang berkunjung. Kerusakan parah di bagian ruangan terutama atap dan plafon yang mengalami kerusakan.

“Pustu merupakan sarana pelayanan kesehatan untuk masyarakat di Desa, Pustu di Desa Talang Padang Tinggi menurut pengamatan kami sudah sangat tidak layak dan mengalami banyak kerusakan di beberapa bagian ruangan, atap dan plafon. Sedangkan itu merupakan sarana yang sangat penting bagi masyarakat untuk berobat dan mengadakan kegiatan posyandu” jelasnya. Jum’at (18/10/24)

“Saya sekalu Ketua BPD Telah berupaya untuk mengusulkan renovasi menggunakan anggaran Dana Desa, namun Pemerintah Desa mengatakan tidak dapat menganggarkan di karenakan pustu tersebut adalah kewajiban dari Dinkes, Saat saya konfirmasi ke bidan desa yang berkerja mengatakan bahwa harus membuat surat hibah ke Dinkes untuk pengajuan renovasi ke dinas kesehatan, Dan ada pula wacana dari masyarakat yang ingin mengalih fungsikan sebagian dari ruangan puskesmas untuk di jadikan jalan pertanian, yang menurut saya itu sangat sangat di sesalkan dan tidak memihak kepada masyarakat umum”
Tegasnya.

Baca Juga  Dalam Upaya Penurunan Stunting, Ketua PKK Lahat Hadiri PHBS di Desa Payo

“Menurut pandangan kami bangunan ini perlu dilakukan perbaikan, jika kalau tidak ditangani akan berdampak lebih besar. Kami sarankan agar bisa diperbaiki tahun 2024,” ucap Dian.

Ketua BPD Talang Padang Tinggi ini menerangkan, kondisi tersebut tidak hanya mengancam keselamatan, tetapi juga dapat mempengaruhi kinerja dan pelayanan kesehatan masyarakat. Meskipun sejauh ini dari pemantauannya, Bidan Desa yang bertugas di sana sangat rajin dengan keterbatasan fasilitas yang ada.

Sementara itu Kepala Puskesmas Pajar Bulan, Kabupaten Lahat Zamhari, SKM dikonfirmasi melalui pesan singkat WhatsApp mengatakan, memang ada laporan terkait kerusakan Puskesmas Pembantu di Kecamatan Pajar Bulan yang mengalami kerusakan kecil hingga sedang.

“Kalau Pustu yang di Desa Talang Padang Tinggi Kecamatan Pajar Bulan kami telah terima laporannya, tetapi belum bisa ditindaklanjuti karena terkendala status aset. Lahannya masih aset desa, kami tidak bisa usulkan renovasi biar tidak salah nanti ke depan, aset tersebut atas nama masyarakat diberikan ke pihak desa, jadi ini aset desa. Kalau Kepala Desa mau membangunnya dengan Dana Desa bisa saja dilaksanakan, surat hibahnya ada di pihak Desa”, ungkap Zamhari.

Baca Juga  Jalin Sinergi Dengan Kepolisian, Pj Bupati Hani Syopiar Rustam Serahkan Beberapa Penghargaan Dari Kapolda Sumsel Kepada Kades, Bidan, Guru dan Entrepreneur Banyuasin 

Terkait kendala tersebut, Puskesmas Pajar Bulan Kabupaten Lahat telah melakukan pendataan Pustu yang ada di Kecamatan Pajar Bulan Pendataan dimaksudkan untuk mencari kejelasan terkait status lahan yang diatasnya dibanguni Pustu. Jika lahan tercatat sebagai aset Pemkab Lahat maka usulan perbaikan dapat segera dilaksanakan.

”Pustu di Desa Talang Padang Tinggi itu bukan aset Dinas Kesehatan. Lahan Pustu itu hibah dari masyarakat ke pihak desa, jadi itu aset desa”, paparnya.

Setelah pendataan selesai, lahan yang masih tercatat sebagai aset di luar Pemda, akan dilakukan pendekatan lebih lanjut kepada pihak terkait untuk proses penghibahan. Sehingga kedepannya dapat ditindaklanjuti dengan pensertifikatan milik Pemkab Lahat.

Editor : RON

Check Also

Terkait Aksi Tudingan Menggunakan Ijazah Palsu, Tim Hukum Yulius Maulana Lapor ke Polda Malam ini Juga

Author : Ujang LAHAT, LhL – Semakin gencar gerakan roda politik yang dibangnun Pasangan Calon …

SMM Panel

APK

Jasa SEO