Home / HUKUM & KRIMINAL / Alihkan Hak Atas Tanah, 3 Mantan Pejabat BPN Masuk Bui

Alihkan Hak Atas Tanah, 3 Mantan Pejabat BPN Masuk Bui

Author : Toni Ramadhani

PAGARALAM, LhL – Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Pagar Alam menetapkan tiga orang tersangka kasus mafia tanah penerbitan Sertifikat Hak Milik (SHM) kawasan hutan lindung gunung Dempo.

Adapun ketiga tersangka tersebut merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang sebelumnya bertugas di BPN Pagar Alam. Mereka berinisial N, YAP dan BAW. Ketiganya pun langsung ditahan di Lapas Pagar Alam setelah ditetapkan sebagai tersangka.

“Ketiga tersangka ditahan selama 20 hari ke depan. Meskipun ketiganya telah pindah dinas tapi telah kami lakukan upaya paksa penahanan “kata Kepala Kejaksaan (Kajari) Pagar Alam Fajar Mufti.

Mufti menjelaskan, modus yang digunakan para pelaku adalah dengan melakukan pengalihan hak aset negara berupa kawasan hutan lindung di areal gunung Dempo dengan memanfaatkan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di tahun 2017 dan 2020.

Baca Juga  PESERTA BANJIRI GEO-JURNALIS IKA GEOLOGI UNSRI DAN PWI SUMSEL

Mereka kemudian membuat dokumen ukur dan pendataan tanah untuk di jadikan sertifikat tanpa memperdulikan batas hutan milik negara sehingga kemudian aset negara tersebut beralih menjadi milik pribadi sebanyak 4 SHM dengan luas lahan kurang lebih 7 hektare.

“Mereka ini membuat dan menerbitkan dokumen berupa sertifikat hak milik pribadi di lahan yang sebenarnya adalah hak milik negara yakni kawasan hutan lindung di areal gunung Dempo di tahun 2017 dan 2020. dimana luas lahan yang dialihkan oleh mereka sudah mencapai 7 hektare sehingga negara di rugikan ratusan juta rupiah,”ujarnya.

Baca Juga  PEMDA LAHAT DAN FORKOPIMDA UPACARA MEMPERINGATI HARI PAHLAWAN KE-78 TAHUN 2023

Sebelum mengungkap modus maupun para pelakunya kata Fajar, pihaknya telah meminta keterangan dari beberapa pihak mulai dari petugas BPN,Dinas Kehutanan dan beberapa pihak lain yang terkait dimana kasus ini akan terus di kembangkan dan tidak menutup akan ada tersangka lain.

“Untuk sementara baru 3 orang ini yang kami tahan dan pihak lainnya baru sebatas saksi namun tidak menutup kemungkinan akan ada tersangka baru sesuai perkembangan kasus ini,” kata dia.

Editor : RON

Check Also

Genjot Penjualan, Bukit Asam (PTBA) Terus Tingkatkan Kapasitas Angkutan Batu Bara

Author : Ujang/Humas BA MUARA ENIM, LhL – PT Bukit Asam Tbk (PTBA) melakukan berbagai …

SMM Panel

APK

Jasa SEO