Home / HUKUM & KRIMINAL / “Nyolong” Kabel Listrik, AS dan MI Dibekuk Polres Muba

“Nyolong” Kabel Listrik, AS dan MI Dibekuk Polres Muba

Editor : RON

MUSI BANYUASIN, LhL – Setelah diketahui keberadaannya terduga pelaku pencurian kabel listrik lampu jalan, AS(24) warga Desa Lais dan MI (21) Warga Desa Teluk Kijing III berhasil diringkus oleh Personil unit Reskrim Polsek Lais yang dipimpin oleh Kanit Reskrim.Aipda Aan Febrianto SH. pada hari Rabu (06/12/2023) di rumahnya masing-masing.

Peristiwa pencurian sendiri terjadi pada hari Jumat (17/11/2023) sekira pukul 02.30 wib, di pinggir jalan raya Dusun IV Desa Lais Kecamatan Lais Kabupaten Muba, dan pelaku belum berhasil membawa barang hasil curian, karena saat kejadian pelaku kepergok dan melarikan diri dengan meninggalkan barang bukti ditempat kejadian perkara (TKP) berupa 6 gulung kabel LVCT ukuran 4×16 mm, 1 unit sepeda motor Yamaha GEER warna merah tanpa plat nomor polisi dan 1 unit sepeda motor jenis Honda dalam keadaan grandong (body sudah banyak dibongkar).

Baca Juga   Tugu Caping Jadi Ikon Baru Kecamatan Lalan

Kapolres Muba Akbp. Imam Safii Sik. Msi. melalui Kapolsek Lais Akp. Hendra Sutisna SH, saat dikonfirmasi hari Jumat (08/12/2023) membenarkan adanya ungkap kasus Pencurian kabel listrik lampu jalan di Desa Lais.

“Setelah kejadian pencurian pada hari Jumat (17/11/2023), dan saat itu juga kami menemukan barang bukti berupa 2 unit sepeda motor diduga milik terduga pelaku dan 6 gulung kabel yang merupakan barang hasil curian, kami langsung melakukan penyelidikan dan saat itu sudah ada nama yang kami curigai sebagai pelakunya, namun karena yang bersangkutan tidak ada di rumahnya, dan baru kemarin hari Rabu (06/12/2023) mendapatkan Informasi bahwa terduga pelaku ada dirumahnya masing-masing, tidak menunggu waktu lama langsung kami lakukan penangkapan dan Alhamdulillah berhasil kami tangkap”, jelasnya.

Baca Juga   HUT PGRI ke - 76 di BHL, ini Harapan Ketua PGRI BHL

Modus terduga pelaku saat melakukan pencurian, sambung dia, dengan cara memotong kabel listrik untuk lampu jalan yang sedang dalam keadaan terpasang. Di mana kabel tersebut, akan diambil isinya yang berupa kawat tembaga untuk dijual.

“Dari pengakuan terduga pelaku yang sudah kami tetapkan menjadi tersangka, bahwa perbuatan tersebut sudah dilakukannya sebanyak 2 kali, dan memang di kecamatan Lais ini sudah beberapa kali kehilangan kabel lampu jalan, diduga ada beberapa kelompok yang melakukan aksi tersebut. Tersangka kami jerat dengan pasal 363 ayat (1) ke-4 dan ke-5 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan, yang ancaman hukumannya 7 tahun penjara”, tambahnya (Riki).

Check Also

Inspektorat Diduga Lakukan Mark up Anggaran Belanja Kegiatan “Tiga Hari Dibuat Satu Hari”

Author : Tahrim LAHAT, LhL – Kebut penyelesaian kasus korupsi, tim penyidik tindak pidana khusus …

SMM Panel

APK

Jasa SEO