Home / DUSUN LAMAN / Jingga Unggul Sebagai Peneliti Belia Sumsel

Jingga Unggul Sebagai Peneliti Belia Sumsel

Author : Sofue

LAHAT, LhL – Lahat, Keunggulan Siswi Kelas VIII A SMP Santo Yosef, Jingga Alista meraih Juara II lomba Peneliti Belia Sumsel 2023 yang diselenggarakan oleh Center For Young Scientist (CYS).

“Jingga mampu bersaing dengan peserta didik tingkat SMA di Provinsi Sumsel”, ungkap guru pendamping Martinus Toncey Bukit Bulana, S. Pd pada Selasa (17/10/22).

Martin panggilan akrab pembimbing sebagai guru IPS mengungkapkan bahwa, bersama Soufie Retorika penulis Lahat yang sejak 27 Juli 2023 silam mengodok makalah yang dipersiapkan Jingga, hingga ke lokasi penelitian Megalitik tersebut dan bertemu dengan Juru Pelihara Megalith.

Baca Juga  GELAR PASUKAN, PETUGAS DIMINTA TINGKATKAN KEGIATAN PREVENTIF DAN REPRESIF

Penelitian Jingga mengangkat tema Arca Megalith yang ada di Tinggi Hari, Kecamatan Gumay Ulu, Lahat. Judul penelitian “Makna Bentuk Arca Megalitik Situs Tinggihari Kecamatan Gumay Ulu Kabupaten Lahat”.

“Penelitian bertujuan mengenalkan makna arca megalitik pada sesama pelajar di Lahat dan sekitarnya serta kepada masyarakat luas secara umum. Harapannya banyak bermanfaat hasil penelitian ini,” kata Jingga.

Jingga berharap, penelitian ini dapat meningkatkan semangat peneliti belia di Sumatera Selatan, terkhusus di Kabupaten Lahat.

Baca Juga  ORMAS LMP LANJUTKAN PENGGALANGAN DANA PEDULI LAMPUNG DAN BANTEN

“Agar generasi penerus bangsa kita memiliki keterampilan abad 21, yaitu berpikir kritis, kreativitas, berkomunikasi dan berkolaborasi”, sambung dia.

Apalagi, menurutnya, saingan Jingga Sulung dua bersaudara dari ibu Lina Fernandes ini memiliki kecerdasan akademik dan non akademik.

“Meskipun berada di daerah, namun SMP Santo Yosef Lahat mampu bersaing dengan Tingkat SMA di provinsi Sumsel. Bimbingan guru dan semoga hasilnya bermanfaat”, ujar Lina Fernandes.

Editor : RON

Check Also

Joncik Muhammad – Arifa’i Resmi Dapat Dukungan Partai Demokrat Untuk Maju Pilkada Empat Lawang 2024

# Dapat Dukungan Partai Demokrat, Joncik Muhammad – Arifa’i Makin Mantap EMPAT LAWANG, LhL – …

SMM Panel

APK

Jasa SEO