Home / LAHAT METROPOLIS / Kecamatan Mulak Sebingkai / BPP Mulak Ulu Bagikan Kartu Tani di Kecamatan Mulak Sebingkai

BPP Mulak Ulu Bagikan Kartu Tani di Kecamatan Mulak Sebingkai

Author : Ivi Hamzah

MULAK SEBINGKAI, LhL- Dinas pertanian dan peternakan kabupaten lahat hari ini Rabu (11-1-2023) melalui Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Mulak Ulu Kabupaten Lahat membagikan Kartu Tani pada masyarakat kelompok tani di Desa Padang Bindu, Keban Agung, Talang Padang. Kartu tani adalah program kementerian pertanian dalam rangka memberikan pelayanan dan bantuan subsidi pada petani. Seperti kegunaannya untuk pembelian pupuk bersubsidi melalui kartu tani. Tak sampai disitu, program pemerintah untuk mensejahterakan masyarakat khususnya petani, penerima bantuan di bidang pertanian hanya melalui kelompok tani.
Pernyataan ini disampaikan Ketua Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Hermansyah bahwa, petani yang menerima kartu tani, adalah orang yang terdaftar dalam kelompok tani. Oleh karena itu, bagi masyarakat yang belum mempunyai atau terdaftar dalam kelompok tani segera membuat kelompok tani. Adapun pupuk yang dapat dibeli oleh petani melalui kartu tani yaitu, pupuk urea dan NPK.

Baca Juga  Pelantikan Perangkat Desa Geramat Dihadiri Forkopimcam Mulak Ulu

“Urea untuk petani sawah dan untuk petani kebun kopi mendapatkan pupuk NPK, Jadi petani dapat membeli sesuai dengan luas tanah yang terdaftar dalam kelompok tani,”jelasnya.

Masih kata Herman, petani dapat membeli pupuk dalam satu tahun sebanyak dua kali di agen atau pengecer yang ditunjuk sebagai penyalur pupuk.

“Pembagian kartu tani ini masih bertahap, belum semua kelompok tani telah mendapatkan kartu tani,”imbuhnya.

Sementara itu perwakilan dari Bank BRI Unit Kota Agung Yuda mengatakan, bahwa Bank BRI yang bekerjasama dengan kementerian pertanian mengeluarkan kartu tani dengan berbagai keunggulan. Kartu tani yang petani dapatkan telah online atau bisa langsung digunakan, tanpa setoran awal dan tanpa pemotongan pemeliharaan ATM, karena kartu tani adalah ATM yang dapat digunakan sebagai alat bertransaksi. Seperti tempat menabung, transfer, melakukan pembayaran dan lainnya.

Baca Juga  Bupati Lahat Sholat Jumat di Masjid Baiturohman di Desa Manggul

“Jadi ATM kartu tani yang petani miliki sama halnya dengan ATM lainnya, tetapi keuntungannya bagi petani tidak ada administrasi karena sudah disubsidi oleh pemerintah,”terangnya.

Pembagian kartu tani oleh BPP Mulak Ulu sangat diapresiasi oleh pemerintah desa. Seperti diungkapkan oleh Juliansyah kepala desa Talang Padang Kecamatan Mulak Sebingkai. Ia selaku pemerintah desa dan petani sangat berterimakasih kepada kementerian pertanian, walaupun belum semua petani mendapatkan kartu tani, setidaknya sudah bisa menertibkan petani dalam membeli pupuk bersubsidi nantinya.

“Karena selama ini pupuk bersubsidi sangat sulit didapatkan, semoga dengan adanya kartu tani ini, pupuk bersubsidi mudah kita dapatkan,”tandasnya.

Editor : Ron

Check Also

Eratkan Silahturahmi, Calon Bupati Lahat Yulius Maulana Bukber Tokoh Masyarakat Perumnas Tiara

Author : Ujang LAHAT, LhL – Pada Rabu (27/3/24) sore, bertempat di kediaman Marwan Aldiansyah, …

SMM Panel

APK

Jasa SEO