Home / LAHAT METROPOLIS / Kecamatan Kota Lahat / DITEMPO SEPEKAN, SYAHRIL DIMINTA PENUHI PANGGILAN JAKSA

DITEMPO SEPEKAN, SYAHRIL DIMINTA PENUHI PANGGILAN JAKSA

Author : Ron

LAHAT, LhL – Buntut panjang dari perkara Monney Politic jelang pelaksanaan Pilkada Lahat yang digelar pada 27 bulan Juni 2018 lalu, yang mendera terdakwa Syahril Effendi warga Sukajadi, Kecamatan Pseksu, Kabupaten Lahat, kini kian tak berujung. Pasalnya, usai divonis dalam sidang putusan oleh Pengadilan Negeri (PN) Lahat dengan hukuman kurungan 3 tahun penjara pada Kamis 19 Juli 2018 silam, pihak Syahril sendiri mengajukan banding ke tingkat Pengadilan Tinggi (PT) Sumatera Selatan di Palembang.

PhotoGrid_1540541101228

Sayangnya informasi yang diperoleh redaksi media ini, upaya banding yang diusulkan oleh terdakwa Syahril itu ditolak oleh pihak pengadilan Tinggi Sumatera Selatan. Dengan demikian, maka inkrach sidang dari PN Lahat, secara otomatis menjadi acuan bagi Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Lahat untuk melakukan upaya pemanggilan terhadap terdakwa demi mentaati hukum yang sudah ditetapkan PN Lahat yang dimaksud.

Mendengar kabar ditolaklah banding yang diajukan terdakwa Syahril Effendi di PT Sumatera Selatan tersebut, Saryono CS bersama Ormas Gerakan Rakyat Peduli Keadilan (GRPK) Lahat langsung mendatangi Kejari Lahat, guna mengkonfirmasi langkah-langkah apa yang akan dilakukan pihak Kejari Lahat selaku penuntut umum setelah mendengar penolakan banding yang diajukan Syahril.

Baca Juga   LAHAT BERPOTENSI HUJAN RINGAN

“Melalui surat dan lisan, kami telah meminta kepada pihak Kejari Lahat untuk segera mengeksekusi saudara Syahril Effendi ini. Sebab Pengadilan Tinggi sudah menolak upaya banding yang diajukan Sayhril tersebut. Makanya kami datang langsung ke Kejari Lahat”, terang Saryono via cellulernya.

Ditegaskan Saryono, sejatinya pihak Kejari Lahat melakukan eksekusi terhadap terdakwa demi hukum dan keadilan. Karena menurut dia, pihak Kejari Lahat sudah melakukan upaya pemanggilan terhadap terdakwa Syahril sebanyak 2 kali.

“Nah, kami mohon diperjelas. Dengan demikian berarti tinggal satu kali lagi pemanggilan dengan upaya jemput paksa. Ini demi mematuhi hukum sesuai hasil putusan sidang PN Lahat dengan vonis kurungan 36 bulan dan penolakan banding yang diajukan terdakwa ke PT Sumatera Selatan”, tegas Saryono.

Dikonfirmasi via WhatsAppnya, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Lahat Jaka Suprana, SH, MH melalui Kepala Seksi (Kasi) Pidana Umum (Pidum), Variska AK, SH mengakui, jika Kejari Lahat telah melakukan 2 kali pemanggilan pada terdakwa Syahril.

“Saat ini sudah pemanggilan kedua, karena selama ini terdakwa tidak ditahan”, jawabnya, Jumat (26/10/18).

Ditanya berapa lama jeda waktu diberikan pada terdakwa atas pemanggilan kedua ini, Kasi Pidum menyebut akan diberi waktu selama 1 minggu setelah surat panggilan kedua dilayangkan.

Baca Juga   3 RUMAH WARGA KOTA BARU LUDES TERBAKAR

“1 Minggu”, singkatnya. 

Untuk diketahui, bahwa terdakwa Syahril Effendi dengan sah dan meyakinkan majelis di PN Lahat saat sidang digelar pada bulan Juli 2018 itu, terdakwa telah melakukan tindakan melawan hukum dengan membagikan uang kepada masyarakat di Kecamatan Pseksu dengan iming-iming supaya masyarakat memilih salah satu Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Lahat. Atas perbuatan yang dikuatkan dengan saksi dan Barang Bukti (BB) sesuai fakta persidangan, maka pihak PN memutuskan pidana kurungan 3 tahun pada Syahril.

Sebelumnya, proses perkara ini ditangani oleh Tim Penegakan Hukum Terpadu (Gakumdu) Kabupaten Lahat yang terdiri dari pihak Kejaksaan, Kepolisian dan juga Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu), yang mana tim tersebut bertindak sebagai pengawas sekaligus pengawas dan penindak bagi pelanggar Pilkada Lahat 2018 saat itu.

Editor : Zadi

Baca Berita Sebelumnya :

SENIN SYAHRIL DIDAKWA, TAK ADA PEMECATAN ANGGOTA GAKKUMDU

 

MONEY POLITIC : TERNYATA SYAHRIL CUMA DIUPAH 500 RIBU

 

DITUNTUT 3 TAHUN, SYAHRIL MINTA REKANNYA JUGA DIPENJARA

Check Also

Bupati Lahat Terima Penghargaan API Award 2021

Author : Ujang LAHAT, LhL – Pemerintah Kabupaten Lahat melalui Dinas Pariwisata menerima trofi Penghargaan …

SMM Panel

APK

Jasa SEO

error: Content is protected !!