Home / LAHAT METROPOLIS / Kecamatan Kota Lahat / ANTISIPASI AMUK MASSA, RATUSAN PERSONIL PETUGAS DISIAGAKAN

ANTISIPASI AMUK MASSA, RATUSAN PERSONIL PETUGAS DISIAGAKAN

# Terkait Rencana Aksi Ratusan Massa

# Menyusul Demo di Panwaslu Lahat Tadi Malam

Author : Ron

LAHAT, LhL – Menyusul aksi ratusan massa simpatisan Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Lahat nomor urut 4 yang berorasi di depan Sekretariat Panwaslu pada Rabu 27 Juni  2018 malam. Hari ini, sekitar 150 personil polisi dan 2 pasukan setingkat pleton disiagakan di lokasi yang diperkirakan akan jadi sasaran orasi massa.

Bahkan, insiden ini sempat membuahkan kericuhan di kantor Panwaslu Lahat. Oleh Cabup nomor urut 4, Burzah Zarnubi, dengan kebijakkannya massa dapat diredam dan dibubarkan.

Kesiapan para aparat ini, juga menyikapi rencana akan digelarnya kembali aksi ratusan massa simpatisan Paslon nomor 4 ke kantor Panwaslu di Jalan Mayor 1, Kelurahan Gunung Gajah, Kecamatan Lahat, Kabupaten Lahat, Kamis (28/6/18).

Baca Juga  Bupati Lahat Ajak Masyarakat Untuk Penyampaian SPT Tahunan PPH Orang Pribadi Melalui E-filling

Untuk diketahui, bahwa setelah proses pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lahat yang digelar Rabu siang kemarin, Paslon nomor urut 3, CU-Yanto menduduki posisi perolehan suara sementara teratas dan disusul oleh Paslon nomor 4 BZ-Parhan. Hanya saja, sebelum pelaksanaan pemilihan tim Paslon nomor 4 menemukan sejumlah keganggalan dan indikasi kecurangan yang diduga dilakukan oleh Paslon nomor 3.

Hal tersebutlah, yang memicu pihak pendukung dan simpatisan Paslon nomor urut 4 menggelar aksi protes terhadap temuan itu, dengan mendesak Panwaslu serta Gakkumdu menangani kasus temuan dugaan Money Poliric oleh Paslon nomor urut 3.

Kapolres Lahat, AKBP. Roby Karya Adi, SIK kepada wartawan menyebut, pihaknya akan tetap bersiaga di kantor Panwaslu hingga situasi aman.

20180628_141850

“Kita sebanyak 150 personil polisi dibantu 2 pleton TNI, tetap bersiaga sampai betul-betul aman”, terang Roby saat diwawancarai pewarta di kantor Panwaslu, Kamis (28/6/18).

Baca Juga  BERIKUT NAMA-NAMA KEPSEK DAN PS SD BARU, SE-KABUPATEN LAHAT

Disinggung soal adanya vedio yang beredar tentang dugaan penganiayaan seorang kader partai Demokrat yang juga anggota DPRD Lahat, Roby mengaku pihaknya masih mendalami kebenaran video tersebut.

“Kita belum bisa pastikan. Yang jelas, kita masih mendalami kebenaran video tersebut. Apakah ada kaitannya dengan Pilkada atau tidak”, tandasnya.

Hingga berita ini ditayangkan, sekira pukul 15:12 situasi di depan kantor Panwaslu Lahat masih tampak aman dan terkendali, namun ratusan petugas bersenjata lengkap dan water canon masih disiagakan.

Sementara Kasdim 0405 Lahat, Mayor Deri menambahkan, pihaknya memang telah mensiagakan sekitar 64 personil TNI.

“Dari TNI, sebanyak 2 personil satuan setingkat pleton”, katanya.

Editor : Zadi

Check Also

Ubah Sistem Pengarsipan, Pemkab Lahat Luncurkan Aplikasi Srikandi

Author : BRP LAHAT, LhL – Pemerintah Kabupaten Lahat melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan menggelar …

SMM Panel

APK

Jasa SEO