Home / REGIONAL / MUARA ENIM / HARI LAHIR PANCASILA MOMENTUN BERSATU, BERBAGI DAN BERPRESTASI

HARI LAHIR PANCASILA MOMENTUN BERSATU, BERBAGI DAN BERPRESTASI

Author : Dedi

MUARA ENIM, LhL – Bupati Muara Enim Ir. Muzakir Sai Sohar memimpin upacara hari lahir Pancasila yang jatuh setiap tanggal 1 juni, dengan mengangkat tema “Bersatu Berbagi Berprestasi”. Upacara ini dipisatkan di halaman Pemkab Muara Enim, Senin (4/6/2018).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, pegawai di lingkup Pemerintah Muara Enim, TNI, Polri dan Perwakilan siswa SMA di Muara Enim.

Dalam menyampaikan amanat Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, Bupati Muzakir sai Sohar mengatakan, peringatan hari lahir pancasila tanggal 1 juni ini, harus dumanfaatkan sebagai pengingat momen pemacu dan momen aktualisasi Pancasila.

“Pancasila sudah menjadi bintang pemandu bangsa Indonesia selama 73 tahun, Pancasila sudah bertahan dan tumbuh di tengah deru ombak ideologi ideologi lain, yang berusaha menggesernya, dan Selama 73 tahun. Pancasila sudah menjadi rumah kita yang ber-Bhinneka Tunggal Ika, Insya Allah sampai akhir zaman Pancasila akan terus mengalir di denyut nadi rakyat Indonesia,” ucap Bupati.

Baca Juga  AKIBAT AMUK MASSA SALAH SASARAN, YUDI SEKARAT

Di samping itu, lanjut Bupati, dirinya mengajak semua lapisan masyarakat agar terus bersatu untuk memperkokoh dalam upaya menjadi bangsa yang kuat. Bangsa yang besar dan bangsa yang memimpin. Pancasila berperan sebagai falsafah dan dasar negara yang kokoh, yang menjadi pondasi dibangunya Indonesia yang bersatu, adil, dan makmur.

“Sebagai warga negara, harus kita pahami semangatnya dan kita paahami rohnya,” ujarnya.

Dirinya menambahkan, semangat berbagi antar anak bangsa untuk kesejahteraan dan kemajuan bersama juga merupakaan sebuah keharusan. Untuk itu, sebutnya, harus berbagi dengan memperkuat etos kepedulian, welas asih dan saling menghargai dengan penuh empati.

Baca Juga  Bukit Asam (PTBA) Sukses Pertahankan Sertifikasi Sistem Manajemen Anti Penyuapan

“Di bulan suci ramadhan ini harus kita manfaatkan sebagai momentum untuk memperkuat etos peduli dan berbagi”, ¬†anjur Muzakir.

Selanjutnya, ia mengajak para ulama dan tokoh agama, para guru dan ustad, para politisi dan jajaran aparat pemerintahan, para anggota TNI dan Polri, para pekerja dan pelaku ekonomi serta seluruh komponen bangsa, untuk bersama sama mengamalkan Pancasila dalam kesehariaan.

“Semangat bersatu, berbagi dan berprestasi akan menegguhkan derap langkah kita dalam membawa Indonesia menuju negara yang maju dan jaya,” pungkasnya.

Editor : Zadi

Check Also

345 Putra-putri Daerah Raih Mimpi Berkat Beasiswa dari PTBA

Author : Ujang / Humas BA MUARA ENIM, LhL – PT Bukit Asam Tbk (PTBA) …

SMM Panel

APK

Jasa SEO