Home / REGIONAL / MUARA ENIM / DENGAN MENINGKATKAN KESADARAN MASYARAKAT DALAM PENGOLAAN LIMBAH DOMESTIK, DUKUNG MUARA ENIM SMAS

DENGAN MENINGKATKAN KESADARAN MASYARAKAT DALAM PENGOLAAN LIMBAH DOMESTIK, DUKUNG MUARA ENIM SMAS

Author : Ari Firmansyah. (Advetorial)

IMG-20170510-WA0005

MUARA ENIM, LhL – Bupati Muara Enim, Ir H Muzakir Sai Sohar, saat membuka Rapat Amnesti tanki saptik di ruang Rapat Bappeda mengatakan, Amnesti tanki saptik merupakan urusan wajib, mengacu pasal 13 dan pasal 14 undang – undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah.

“Dengan meningkatkan masyarakat dalam pengelolaan limbah domestik seperti jamban sehat tentunya mendukung Muara Enim yang Sehat, Mandiri, Agamis, dan Sehat atau SMAS,” ungkap Muzakir.

IMG-20170510-WA0003

Bupati Muara Enim, Ir H Muzakir Sai Sohar, saat membuka sosialisasi amnesti tanki septik anti bocor, mengungkapkan, bahwa Sinergi dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) dan RPJM Daerah bidang sanitasi air minum, sangat penting.

Baca Juga  Pelantikan PJ Sekretaris Daerah Kabupaten Muara Enim di BASS

“Pemerintah Daerah Muara Enim sangat mendukung percepatan sanitasi” ujar Muzakir di Ruang Rapat Bappeda Muara Enim, Selasa (9/5/2017).

IMG-20170510-WA0002

Muzakir juga menambahkan, Pemkab Muara Enim telah berupaya melaksanakan sanitasi tanki saptik anti bocor yang pada tahun 2015 telah mencapai 66,27% dengan laju bertahap 1,90% pertahun yang diatas angka Provinsi Sumatera Selatan 61,31%.

“Sedangkan bila dibandingkan dengan nasional yang minimal 88% masih ada gab 21,73%, upaya target menuju 100% air minum, 0% bebas kumuh dan 100% sanitasi pada tahun 2019 mendatang,” imbuh nya.

Baca Juga  SETIAP PUBLIKASI HARUS KOORDINASI DENGAN PIHAK HUMAS

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Muara Enim, Dr. Abdul Nadjib, menerangkan tujuan program amnesti tanki saptik anti bocor yaitu untuk peningkatan kapasitas regulator dan operator pengelola air limbah domestik.

IMG-20170510-WA0001

“Peningkatan pemahaman peserta tentang pengelolaan air limbah domestik yang aman, peningkatan operasionalisasi IPLT untuk layanan sanitasi berkelanjutan” ujar nya

Dalam hal ini, lanjut Abdul, kita perlu
peningkatan pendanaan pengelolaan air limbah domestik melalui pelibatan multi pihak.

“Harus melibatkan beberapa pihak, sehingga pendanaan dapat muda di atasi” tutupnya.

Editor : Zul

Check Also

Safari Ramadan BUMN 2024, Bukit Asam (PTBA) Siapkan 1.000 Paket Sembako Murah

Author : Ujang/Humas BA MUARA ENIM, LhL – Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan, Kementerian …

SMM Panel

APK

Jasa SEO