Home / LAHAT METROPOLIS / Kecamatan Kota Lahat / TAHUN 2017, SEBANYAK SEMBILAN PKM DI LAHAT DIAKREDITASI

TAHUN 2017, SEBANYAK SEMBILAN PKM DI LAHAT DIAKREDITASI

LAHAT – Sebelumnya, di tahun 2016 ada lima Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lahat telah diakreditasi, kini, pada 2017, setidaknya ada sembilan PKM akan dilakukan pembinaan, mulai dari sumber daya manusia (SDM) hingga sarana prasarana (sapras). Dengan one goal (satu tujuan, red) meningkatkan pelayanan kesehatan secara optimal kepada masyarakat.

Demikian disampaikan oleh Kadinkes Lahat, dr H Rasyidi Amri MT MKM, didampingi Kepala Bidang (Kabid) Fasilitas Kesehatan (Faskes), Darsya Alam SKM.

“Betul, kalau pada 2016 ada lima PKM, kini, tahun ini, setidaknya sembilan ditunjuk untuk menjalankan program tersebut, supaya puskesmas bersangkutan naik tingkat dalam pelayanan kesehatan,” katanya, ditemui, Senin (13/2).

Baca Juga  Bupati Lahat Saksikan Pelantikan Pengurus REI Lahat dan Pagaraalam Masa Bakti 2020- 2023

Semuanya PKM itu, diantaranya, terletak kawasan Selawi, Pagar Agung, Perumnas Bandar Jaya, Perangai, kemudian, Pagar Gunung, Bumi Lampung, Bungamas, Pagar Jati dan Merapi I.

“Sembilan PKM ini nantinya akan dilakukan pembinaan oleh tim yang memang sudah menimbah ilmu di Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, dimana, item-item yang memang perlu ditambah atau dibenahi, mereka sudah mengetahuinya,” ulas H Rasyidi.

Baca Juga  SIDANG MONEY POLITIC DIWARNAI AKSI "BUNGKAM" MASSA

Menurut dia, kedepannya, ini berkaitan dengan program klaim Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan yang mengharuskan demikian, sehingga dapat meminimalisir adanya pengiriman rujukan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) baik di Lahat sendiri ataupun Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

“Ini pastinya ada hubungannya dengan BPJS Kesehatan, sehingga apabila semua Item dimaksud terpenuhi, maka, tidak perlu lagi merujuk pasien ke RSUD, cukup di puskesmas saja, dengan catatan semua PKM terakreditasi,” pungkasnya.

Editor : UJANG, SP

Check Also

Tancap Gas..!!!!, Tim Kuasa Yulius Maulana Ambil Formulir Pendaptaran Cabup di 7 Parpol

Author : Ujang LAHAT, LhL – Antusias bakal calon untuk ikut berpartisipasi dalam penjaringan di …

SMM Panel

APK

Jasa SEO