Home / LAHAT METROPOLIS / Kecamatan Kota Lahat / USAHA MIKRO DI LAHAT TERUS MENINGKAT

USAHA MIKRO DI LAHAT TERUS MENINGKAT

Author : LIS

LAHAT, LhL – Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Lahat mengklaim usaha kecil mikro di Kabupaten Lahat terus berkembang dan mengalami peningkatan, kendati tidak memiliki data jumlah usaha mikro yang tumbuh dan berkembang saat ini.

“Secara kasat mata, usaha mikro terjadi peningkatan dan terus berkembang, memang kami belum memiliki data tentang jumlah usaha mikro yang ada di Lahat saat ini,” jelas Fikriansyah SE MSi yang belum lama menjabat Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Lahat didampingi Kabid Pemberdayaan Usaha Mikro, Dawam SE MM dibincangi di kantornya, Jum’at (28/1).

Baca Juga  Bupati Lahat Terima Kunjungan Perwakilan BKKBN Provinsi Sumsel

Dawam mengutarakan, pihaknya masih kesulitan untuk mendapatkan jumlah usaha mikro, dan pernah melalui surat resmi  meminta pihak kecamatan untuk menyampaikan jumlah usaha mikro yang ada di wilayahnya masing – masing, akan tetapi dari 22 kecamatan hanya satu kecamatan yang menyampaikan data jumlah usaha mikro, namun jumlahnya juga sedikit.

Kendati saat ini belum memiliki data jumlah usaha kecil mikro, namun Fikriansyah meyakini melalui program KUR (Kredit Usaha Rakyat) yang dilaksanakan mulai  pertengahan tahun 2016 lalu, akan diperoleh jumlah data usaha kecil mikro karena untuk mengikuti program ini harus mendapatkan izin dari pihak kecamatan.

Baca Juga  BUPATI LAHAT BERSAMA FORKOPINDA BAGIKAN 688 PAKET BERAS

“Pelaksanaan KUR dilimpahkan kepada kecamatan, izinnya dari Camat. Jumlah usaha mikro yang memanfaatkan KUR ini merupakan salah satu indikator jumlah usaha mikro,” ulasnya.

Dawam menjelaskan, jenis usaha yang disebut usaha mikro yakni jenis usaha yang kontinyu atau permanen bukan jenis usaha musiman,  aset yang dimiliki senilai Rp 50 juta berupa peralatan tidak termasuk tanah dan bangunan.  Sedangkan omsetnya tidak lebih dari Rp 300 juta setahun.

Editor : UJANG, SP

Check Also

Hadiri Sidang PMH LPG Subsidi di PN Lahat, SBM Linggau MOR II Ditolak Hakim Tanpa Kuasa Dirut PT. Pertamina

Author : Ujang LAHAT, LhL – Sidang kedua gugatan Perbuatan Melawan Hukum (PMH) antara Yayasan …

SMM Panel

APK

Jasa SEO