Home / LAHAT METROPOLIS / Kecamatan Mulak Ulu / ANTISIPASI BENCANA BANJIR, AIR MULAK AKAN DI NORMALISASI

ANTISIPASI BENCANA BANJIR, AIR MULAK AKAN DI NORMALISASI

Author : Jack Mania

MULAK ULU, LhL Air Mulak atau Sungai Mulak yang terbentang di sekitar pemukiman warga Desa Keban Agung, Kecamatan Mulak Ulu ini akan di normalisasi, karena lajunya air sudah tidak di tengah melainkan di pinggir tepian sungai, Banyaknya batu batu besar di tengah bantaran sungai, jadi penghalang lajunya air. Sungai mulak yang sudah ditaburi bibit ikan semah ini, akan di normalisasi oleh Dinas Pengairan Provinsi berkat usulan warga,

Rencana ini, menyusul kerapnya terjadi pengikisan tepian sungai yang semakin lebar dan akan mengakibatkan longsor. Apabila musim hujan derasnya terjangan air dari bagian hulu akan menambah kekhawatiran warga setempat, takut kalau akan terjadi lagi banjir seperti tahun yang lalu.

Baca Juga  BABINSA KOPTU RINALDO BANTU WARGA DI JEMBATAN DARURAT

Mahed (49), Kepala Desa Keban Agung, saat dimintai keterangan tentang rancana akan dinormalisasinya arus Sungai Mulak ini, kepada Lahat Hotline ia menuturkan, bahwa air mulak sepanjang lebih kurang 2 kilo meter akan di normalisasi, dikarenakan lajunya air sudah tidak di posisinya (tengah).

“Kemarin Dinas PU pengairan Provinsi sudah meninjau ke lokasi (air mulak), untuk melihat seberapa panjang yang akan di normalisasi, rencananya batu batu yang berada di tengah sungai akan di bawa ke bagian pinggir atau tepian sungai, guna mencegah longsor atau pengikisan tepian sungai”, jelas Mahed, ditemui di kediamannya, Jumat (20/1/17).

Kalau ini sudah di normalisasi, kata dia, maka pihaknya pihaknya akan menebar bibit ikan semah dan penangkaran udang Lobster. Langkah ini, merupakan upaya untuk menambah income desa”,  jelas pria yang pandai bergaul ini, sembari menambahkan bahwa, air mulak ini akan djadikan ikon wisata untuk mendukung program pemerintah yang sedang gencar mempromosikan wisata alam, guna menambah daftar kunjungan wisata ke Kabupaten Lahat.

Baca Juga  MUSDES PENGENTAAN PRIORITASKAN PENDIDIKAN, KESEHATAN DAN PARIWISATA

Ungkapan senadah juga disampaikan oleh Adarmanya (40) Ketua Badan Perwakilan Desa (BPD) Keban Agung. Menurut penjabat Ketua BPD ini, dirinya mewaikili masyarakat desa mengucapkan terima kasih pada Dinas PU Pengairan yang telah meninjau ke lokasi (air mulak).

“Walau ini belum terialisasi, kami masyarakat sudah senang, dan mudah mudahan rencana ini tercapai”, harapnya.

Editor : UJANG. SP

Check Also

Sepakat Nyatakan Dukungan, Yulius Maulana “Mantab” Calon Bupati Lahat 2024-2029

Author : Ujang LAHAT, LhL – Adanya sosialisasi melalui mulut ke mulut dan tebaran baliho …

SMM Panel

APK

Jasa SEO