Home / LAHAT METROPOLIS / Kecamatan Mulak Ulu / CAMAT MULAK ULU SOSIALISASIKAN PERAN TIM PEMBINA/PELAKSANA USAHA KESEHATAN SEKOLAH.

CAMAT MULAK ULU SOSIALISASIKAN PERAN TIM PEMBINA/PELAKSANA USAHA KESEHATAN SEKOLAH.

Author : Jack Mania

MULAK ULU, LhL – Hari ini, Kamis 14/12 sosialisasi Usaha Kesehatan Sekolah (UKS),di buka langsung oleh Miharta Camat Mulak ulu.

Adapun tujuan dari sosialisasi UKS ini adalah memberikan pencerahan tentang Kesehatan,dan di hadiri oleh UPTD Pendidikan dari dewan guru, kesehatan, Agama,dan pemerintahan dari, Kecamatan Mulak Ulu.

UKS merupakan wadah untuk berbagai program seperti Kesehatan Reproduksi, Gizi, pencegahan penyalagunaan NAPZA, pengendalian penyakit, penyehatan lingkungan, promosi Kesehatan. Karena pelaksanaan program melalui UKS jauh lebih efektif dan efisien serta berdaya ungkit lebih besar.

Pedoman Akselerasi Pembinaan dan Pelaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah ada 7 Strategi. Seperti memperkuat dasar hukum, meningkatkan kemampuan, peran, fungsi dan tanggung jawab serta peningkatkan kuantitas dan kualitas tenaga terlatih UKS, memantapkan peran aktif peserta didik dalam pelaksanaan UKS dan juga meningkatkan peran kepala sekolah,guru,orang tua dan masyarakat sekitar sekolah. Lalu memperkuat kemitraan dan peran serta masyarakat ditambah mempasilitasi ke arifan lokal (Local Wisdom).

Baca Juga  TANPA CORAT-CORET BAJU SERAGAM, SISWA DI TIGA SMP MULAK ULU LULUS 100%

Ujang Jamhari selaku moderator dari Kabupaten menjelaskan, bahwa SK UKS ini di Syahkan oleh Empat Menteri, yaitu Kesehatan, Agama, Pendidikan dan Dalam Negeri.

“Kenapa begitu pentingnya ada UKS di Sekolah,supaya Anak didik dapat mengenal betapa pentingnya kebersihan dan Kesehatan” tutur Ujang.

Di tambahkan juga oleh Dita yang dari Dinas Kesehatan, sekolah harus mempersiapkan kotak sampah di dalam dan di luar lokal sekolah, supaya anak murid terbiasa membuang sampah pada tempatnya.

Baca Juga  Perdes Diterbitkan, Anjing Liar Akan Dibasmi BPD Geramat

Dan sekolah harus mempersiapkan tempat cuci tangan,agar guru dan murid mudah mencuci tangan dan selalu terjaga kebersihan nya.

“Kotak P3 harus disiapkan juga supaya dengan mudah mengantisipasi dengan cepat, apa bila ada anak murid terkena penyakit demam atau terluka. Isi dari kotak P3 tidak boleh obat keras, cukup seperti Betadint, Alkohol, dan obat Diare atau Demam”, jelas Dita pada undangan yang Hadir.

Sedangkan Murhama, Kepala Sekolah SDN 08 Mulak ulu yang ikut dalam sosialisasi tersebut menuturkan, bahwa pihaknya sangat berterima kasih dengan adanya sisialisasi UKS ini.

” Jadi kami banyak mendapat ilmu tentang UKS ini”, kata dia.

Editor : UJANG, SP

Check Also

Sepakat Nyatakan Dukungan, Yulius Maulana “Mantab” Calon Bupati Lahat 2024-2029

Author : Ujang LAHAT, LhL – Adanya sosialisasi melalui mulut ke mulut dan tebaran baliho …

SMM Panel

APK

Jasa SEO