Home / Umum / GEMPABUMI GUNCANG BANDA ACEH – PIDIE JAYA

GEMPABUMI GUNCANG BANDA ACEH – PIDIE JAYA

SUMSEL, LhL – Diinformasikan oleh seorang Babinsa yang aktif dalam memantau titik api, kebakaran hutan dan bencana alam Sumatera Selatan Pembantu Letnan Dua (Pelda) Masdar menyampaikan bahwa hari ini, Rabu tanggal 7 Desember 2016 gempabumi tektonik mengguncang wilayah Banda Aceh  – Pidie Jaya.

Hasil analisis BMKG menunjukan bahwa gempabumi terjadi pada pukul 05:03:36 WIB dengan kekuatan  M=6.4 Skala Richter dengan episenter terletak pada koordinat 5.19 LU dan 96.36 BT, pada kedalaman 10 km.

Gempa bumi hampir dirasakan di seluruh wilayah provinsi Aceh dari Banda Aceh, Pidie Jaya, Lhosumawe, Meulaboh. Peta tingkat guncangan (shake map) BMKG menunjukan bahwa dampak gempabumi berupa guncangan kuat dirasakan di daerah Banda Aceh dalam skala intensitas II SIG-BMKG atau (III-IV MMI). Di daerah ini guncangan gempabumi dilaporkan dirasakan oleh orang banyak, bahkan beberapa warga berhamburan ke luar untuk menyelamatkan diri.

Baca Juga  NASRUN ASWARI BERHARAP BPJS LEBIH BERMANFAAT LAGI BAGI MASYRAKAT LAHAT

Terkait dengan peristiwa gempabumi Aceh yang baru saja terjadi, hingga laporan ini disusun pada pukul 05:30 WIB, sudah terjadi 5 (lima) aktivitas gempabumi susulan. Masyarakat dihimbau agar tetap tenang, dan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG. Khusus masyarakat di daerah Banda Aceh – Pidie Jaya dihimbau agar tidak terpancing isu tsunami karena gempabumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami, terjadi di darat. Ditinjau dari lokasi epicenter, gempabumi ini merupakan gempabumi berpusat di darat.

Baca Juga  ACARA PISAH SAMBUT, ROBY BERHARAP PROMOSI JABATAN DAPAT DIJALANKAN DENGAN DEDIKASI TINGGI

 

Sumber Informasi Banda Aceh, 07/12/2016, Kepala stasiun geofisika, ERIDAWATI,SE NIP.196712111991032001

Sementara informan Sumatera selatan Pelda Masdar, saat ditanyai kemungkinan adanya gempa susulan, Pelda Masdar Menjelaskan belum bisa memastikan lantaran masih harus menunggu kabar selanjutnya.

“Untuk sementara hanya itu kabar yang kami terima, dan kita sedang menunggu informasi lanjutan terkait gempa bumi di Aceh ini, dan kita akan terus memantau perkembangan selanjutnya,” tutup Pelda Masdar.

Sementara gambaran situasi di lapangan, dapat dilihat seperti pada gambar yang ada di atas. Dimana beberapa bangunan roboh dan beberapa ruas jalan terlihat retakan.

 

Naskah (Yadi)

 

 

 

Check Also

PENGUMUMAM TES TERTULIS SELEKSI CALON ANGGOTA PANWASCAM LAHAT 2024

Baca Juga  MENUJU SUMSEL I : LAMAR PAN, ASWARI JUGA AMBIL FORMULIR KE DPW HANURA

SMM Panel

APK

Jasa SEO