Home / LAHAT METROPOLIS / Kecamatan Pseksu / SEMANGAT GOTONG ROYONG DI PEDESAAN KIAN TERKIKIS

SEMANGAT GOTONG ROYONG DI PEDESAAN KIAN TERKIKIS

PSEKSU, LhL – Semakin lama, kepedulian masyarakat terhadap lingkungannya sendiri nampaknya seakan semakin terkikis. Hal ini pula yang telah terlihat pada masyarakat Dusun Bemban, Desa Lubuk Atung, Kecamatan Pseksu.

Semakin terkikisnya rasa peduli masyarakat tersebut semakin menunjukan bahwa terkadang pembangunan di sebuah desa tampak tidak lah tepat guna. Akhirnya pembangunan tersebut terkesan sia sia saja.

img_20160920_182019

Seperti yang terlihat di Dusun Beban ini, terlihat sebuah bangunanjalan setapak yang terkesan sia sia saja, pasalnya jalan setapak yang ada di Desa ini tidak ubahnya seperti semak belukar karena jarang dilewati dan jarang dibersihkan secara gotong royong. Terlihat dilokasi, jalan setapak tersebut sudah hampir tertutup oleh semak semak di seluruh bagian jalan setapak tersebut.

Baca Juga  Masyarakat Lubuk Tuba Dapat Bantuan Bedah Rumah, Segini Jumlahnya

img_20160920_182035

Darmawi (70) salah seorang warga Dusun Bemban mengatakan, jika kepedulian masyarakat saat ini sangatlah berbeda ketika waktu mereka  kami dulu masih baru beranjak dewasa. “Dulu kami selaku masyarakat sangatlah peduli terhadap lingkungan sekitar dan kami selaku masyarakat sangatlah kompak dalam hal apapun, apalagi kalo soal kerja bakti atau gontong royong untuk membersihkan lingkungan sekitar, tapi itu dulu masih banyaknya warga dusun ini yang aslinya orang jawa jadi kami dulu kompak bersama warga jawa untuk malakukan kegiatan gontoroyong,” Beber Darmawi, Selasa (20/09/2016).

Baca Juga  KINI MAN MULAI MENDAPATKAN PENGOBATAN

Dan itu pun, kata Darmawi, kami lakukan gotong royong seminggu sekali setiap hari Jum’at sebelum melakukan ibadah solat jumat.

”Ya kalau dulu masih banyak penghuni bedeng atau rumah dinas PjKA, enak dulu masih ramai dan kompak berbeda dengan sekarang, masarakatnya lebih memilih sendiri-sendiri dari pada diajak kerjasama dalam hal apapun. Dulu rata rata penghuninya orang jawa, tapi sekarang penghuninya pindah ke kota lahat, jadi sekarang kalo di ajak bergontong royong kebanyakan masyarakat enggan,” ujar Darmwi.

Naskah / Photo  : (Sonny)
Editor                    : (Yadi)

Check Also

1 Jam, JA Terduga Pembacok Opi dan Paisal Diamankan Satreskrim Polres Lahat

Author : Ujang PSEKSU, LhL – Hanya butuh waktu sekitar 1 jam. Setelah mendapat laporan …

SMM Panel

APK

Jasa SEO