Home / HUKUM & KRIMINAL / KEPERGOK WARGA, 2 MALING “BONYOK” 1 NYARIS TEWAS DIHAJAR MASSA

KEPERGOK WARGA, 2 MALING “BONYOK” 1 NYARIS TEWAS DIHAJAR MASSA

LAHAT, LhL –Aksi Hariandi (36), Rendra (39) dan Riki (28), yang nekad “menyatroni” rumah milik Mulyono Ragi (52), salah seorang warga di kawasan Eks SP VI, Kelurahan Sari Bungamas, terpaksa harus terhenti. Pasalnya, ketiga warga  Kikim ini, diketahui tertangkap tangan oleh warga sekitar pukul 08.00 WIB, pada Jumat (26/8) pagi tadi.

Informasi terhimpun, belakangan ini memang warga desa itu tengah resah dan waspada terhadap gerak gerik “orang baru” di desanya, karena seringkali terjadi aksi pencurian, baik harta benda atau hewan ternak. Tak terkecuali kepada ketiga tersangka yang ada, yang kedapatan sedang melakukan aksi rumah yang memang kebetulan sedang ditingal oleh pemiliknya itu.

BBBB

Sebelumnya, gelagat ketiga orang tersangka ini, memang sudah memancing kecurigaan warga yang diam-diam mengintainya. Setelah dilakukan pengintaian, ternyata benar. Ketika berada di salah satu kediaman warga yang diketahui tengah kosong, maka warga pun langsung menangkapnya.“Kami memang la curiga nian pak, jadi kami intai dari jauh. Pas dirumah pak Mulyono, mereka masuk dan kemudian mencoba mengambil 1 unit mesin pompa air, jadi kami langsung grebek bae rame-rame,” beber AR, salah satu warga yang meminta namanya disamarkan, dibincangi kemarin.

Baca Juga  Dagang Ganja ke Singapura, Dua Pemuda Asal Pagaralam Diciduk Polisi

Kepungan warga terhadap ketiga tersangka, pun akhirnya memaksa mereka untuk tidak bisa lagi menghindar dan warga berhasil menangkap para pelaku. Karena kesal dan mengetahui peristiwa penangkapan ketiga pelaku “Maling” itu, sontak saja warga yang lain pun secara serentak berdatangan dan menghajar mereka. Baik itu memukul dengan tangan kosong, atau benda-benda lainnya. Tak ayal, kondisi para maling ini babak belur. Beruntung nyawanya tak sampai melayang, karena ada petugas keamanan yang tengah patroli, dibantu petugas kelurahan yang merelainya.

Kendati amukan warga sempat dihentikan, namun kondisi ketiganya sudah sangat parah, akibat pukulan dan amukan warga yang memang sudah geram. Ketiganya pelaku akhirnya sempat diamankan di kantor lurah Sari Bungamas.

Karena warga menolak untuk di serahkan ke polisi, dan minta ketiga pelaku dihakimi secara massa saja, pihak kelurahan pun butuh waktu lumayan lama untuk mengevakuasi para pelaku. Baru sekitar pukul 13.45 Wib, akhirnya ketiga pelaku berhasil dibawa ke luar tempat kejadian peristiwa (TKP) dan diamankan untuk kemudian dibawa ke kantor polisi.“Warga sudah sangat marah dan butuh bantuan dari pihak Polisi dan Koramil untuk kami lakukan koordinasi agar pelaku bisa dievakuasi, untuk kemudian diserahkan ke penyidik atas perbuatannya,” ungkap Andi, salah satu staf dikantor Lurah tersebut.

Baca Juga  SATBINMAS POLRES LAHAT HIMBAU PEMUDA SELAWI TAK KELUYURAN MALAM HARI

Tak sampai di situ, saat ketiganya hendak dievakuasi kedalam mobil petugas, aksi pukulan dan hantaman serta luapan kekesalan warga masih saja mengarah kepada pelaku. Akibatnya, salah seorang pelaku, Rendra mengalami luka serius dibagian kepala, dan kemudian terpaksa mendapatkan perawatan di RSUD Lahat, sedangkan 2 orang pelaku lainnya, meski tetap dalam kondisi babak belur, namun masih bisa langsung dibawa kekantor Polres Lahat, guna mempertanggung jawabkan perbuatannya lebih lanjut.

Kapolres Lahat, AKBP Rantau Isnur Eka Sik, melalui Kasat Reskrim, AKP Arif Mansyur Sik, didampingi Kanit Pidum Polsekta, Iptu Nurhanas membenarkan adanya kejadian di kawasan SP 6 Sari Bungamas tersebut. Untuk sementara, menurutnya, ketiga tersangka menjadi tahanan pihak Polres Lahat, Informasi terakhir, kondisi 1 orang tersangka masih harus mendapatkan perawatan intensif, akibat luka di bagian kepala yang cukup serius.“Kita akan kembangkan kasus ini, terutama terhadap kemungkinan ketiganya terlibat di jaringan kejahatan lainnya,” pungkasnya.

Photo/Naskah : (RUSTANDI, SH)

Editor                : (UJANG, SP)

Check Also

YLKI Lahat Ragukan Hak Eksekutorial Akte Fidusia WOM Finance yang Gugat Debitunya di Pengadilan Lahat

Author : Ujang LAHAT, LhL – PT. Wahana Ottomitra Multiartha (WOM Finance) mendaftar gugatan di …

SMM Panel

APK

Jasa SEO