Home / LAHAT METROPOLIS / Kecamatan Kota Lahat / BERISI PESAN MORAL PELAJAR SMP PAGUN GELORAKAN MUSIK KALINTANG

BERISI PESAN MORAL PELAJAR SMP PAGUN GELORAKAN MUSIK KALINTANG

Author : Ganda Coy

LAHAT, LhL –  Kabupaten Lahat, ternyata tidak saja dianugrahi sumber daya alam (SDA) yang melimpah, namun juga diwarisi banyak sekali peninggalan dari para leluhur baik itu adat, budaya maupun seni. Salah satu peninggalan yang hampir terlupakan yakni seni musik Kelintang. Musik kelintang merupakan paduan dari rangakaian musik, nyanyian serta tarian. Masyarakat di Bumi Seganti Setungguan tidak banyak yang tahu dengan Musik kelintang ini. Namun saat ini musik Kelintang kembali digelorakan dan diperkenalkan oleh para pelajar SMP Negeri 1 Kecamatan Pagar Gunung, Kabupaten Lahat, kepada masyarakat.

Bahkan, belum lama ini para pelajar SMP 1 Pagar Gunung berhasil mengharumkan nama Lahat melalui musik kelintang dengan menjadi juara ketiga pada ajang lomba seni se Sumsel. Jumat (27/9) malam, para pelajar kembali menggelar acara pentas seni di halaman sekolah. Disaksikan warga, pelajar, Camat, forum kades hingga anggota DPRD dari Dapil III, Balkisri, keenam pemain musik Klintang terlihat sangat atraktif dan kompak. Meraka menari dan bernyanyi sambil diiringi musik yang meraka mainkan sendiri.

Baca Juga  DALAM OPERASI PREMANISME RESKRIM AMANKAN ENAM WARGA

Musik yang dimainkan dalam musik klintang sendiri merupakan alat musik lokal seperti rebana, gong, lesung dan beberapa alat musik yang terbuat dari bambu. Sementara, untuk nyanyian kental menggunakan bahasa Lahat, dengan intonasi Tadut (nyanyian sastra lisan). Nyayian yang dibawakan sendiri merupakan nyanyian yang liriknya kental akan pesan moral seperti mengingatkan para pejabat agar selalu amanah dan memeperhatikan rakyatnya, para orang tua agar jangan malas bekerja, termasuk para siswa agar giat belajar dan pesan moral lainya.

Keenam penyanyi sendiri dalan musik klintang harua pandai menyanyi, memainkan musik juga menari dan berteaterikal. Pasalnya, dalam musik klintang tarian dan nyayian dilakukan secara bersama sama.

“Ya ini merupakan musik khas kita yang perlu kita lestarikan. Alhamdulillah para pelajar ini sangat menjiwai. Kita dari pihak sekolah akan teris melakukan pembinaan dan mengembangkanya sehingga musik Klintang ini kembali menggelora di Kabupaten Lahat. Dan terbukti saat kita ikut lomba mewakili Lahat di tingkat Provinisi musik ini sangat memukau dan kita meraih juara “ujar Abdurrahim, Kepala Sekolah SMPN 1 Pagar Gunung.

Baca Juga  JALAN SANTAI DEMOKRAT DISERBU WARGA

Dirinya sendiri berharap musik klintang mendapat perhatian baik oleh pemerintan maupun masyarakat. Selain untuk melestarikan dan menjaga peninggalan musik tersebut punya banyak makna khususnya soal kekompakkan dan silaturahim.

“Ya kita juga berharap musik klintang ini membumi di Lahat karena bis kita lihat tadi sangat menarik, menghibur dan bermakna. Harus ada perhatian dari pemerintah, “kata Ketua Forum Kades Kecamatan Pagun, Efran.

Sementara, anggota DPRD Lahat, dari Dapil III dintaranya meliputi Kecamatan Pagar Gunung, Balkisri, mengaku terkejut dengan musik klintang yang dibawakan para pelajar. Dikatakanya, musik tersebut luar biasa dan menurutnya memng harus dikembangkan. Dirinya sendiri berharap para pelajar SMPN 1 Pagar Gunung bisa menjadi pelopor sehingga musik klintang kembali dikenal oleh masyarakat.

“Tentu kita ikut mensupport. Karena selain melestarikan peninggalan ini juga merupakan kekeyaan daerah kita yang harus kita jaga dn banggakan, “tuturnya.

Editor : Ahmad

Check Also

Meski Dirantau, Nizar Doakan YM Jadi Bupati Lahat

Author : Nopi LAHAT, LhL – Rasa haru, ceria dan hangat membaur jadi satu ketika …

SMM Panel

APK

Jasa SEO