Home / LAHAT METROPOLIS / Kecamatan Pajar Bulan / Itensitas Curah Hujan Tinggi, 4 Desa di Kecamatan Pajar Bulan Dilanda Banjir

Itensitas Curah Hujan Tinggi, 4 Desa di Kecamatan Pajar Bulan Dilanda Banjir

Author : Toni Ramadhani

PAJAR BULAN, LhL – Desa Benua Raja, Desa Gelung Sakti, Desa Pulau dan Desa Ulak Bandung Kecamatan Pajar Bulan, Kabupaten Lahat, Provinsi Sumatera Selatan dilanda banjir karena curah hujan tinggi. Pada Sabtu pagi (27/01/2024). Hal ini diakibatkan, karena meluapnya Sungai Dendan yang melintasi desa tersebut.

Banjir yang menerjang empat desa tersebut terjadi setelah hujan dengan intensitas tinggi yang terus mengguyur wilayah itu mulai sabtu pagi pukul 04.00 WIB mengakibatkan Sungai dendan meluap karena tidak mampu menampung semua debit air hujan.

Baca Juga   Dapat Insentif Capai Rp23 Miliar dari Kemenkeu, Pj Bupati Apriyadi Apresiasi Kinerja OPD

“Sungai dendan meluap pada Sabtu pagi sekitar pukul 04.00 WIB dengan ketinggian air yang bervariasi sampai ketinggian satu meter,” kata Muslim, Kepala Desa Benua Raja, yang dihubungi via telepon.

Muslim juga menerangkan bahwa wilayah yang terdampak banjir berada di Dusun Benua Raja Dalam (Sukerte Dalam) Hingga kini warga dari dusun Benua Raja dalam masih tergenang banjir, airpun meluap hingga ke badan jalan, yang mengakibatkan warga tidak bisa melewati jalan dari benua raja dalam (Sukerte Dalam) ke Benua Raja Luar (sukerte luagh)” terangnya.

Baca Juga   Inspektorat Lahat, Luncurkan Layanan Pengaduan Masyarakat dengan Aplikasi La- CETE

Ia menyatakan sudah menghubungi tim reaksi cepat BPBD Kabupaten Lahat untuk melakukan pendataan penduduk dan infrastruktur yang terdampak banjir tersebut. Muslim berharap masyarakat Desa Benua Raja tetap waspada dan selalu siap siaga mengantisipasi bencana serupa bahkan yang lebih parah dapat terjadi sewaktu-waktu.

“Sampai sekarang kerugian meterial belum bisa di tafsirkan, mengingat banyaknya kolam ikan, rumah dan sawah warga yang terendam banjir, Kami terus berkoordinasi dengan pemerintah kecamatan dan BPBD untuk melakukan pendataan dan infrastruktur dampak dari musibah banjir ini,” pungkasnya.

Editor : RON

Check Also

Medco E&P Diskusi Manfaat Industri Hulu Migas Kepada Siswa SMA di Sumsel

Author : Ujang/Ril PALEMBANG. LhL – Medco E & P Indonesia (Medco E&P), Kontraktor Kontrak …

SMM Panel

APK

Jasa SEO