Home / LAHAT METROPOLIS / Kecamatan Jarai / Banjir Melanda Dua Kecamatan, Polsek Pajar Bulan dan Jarai Evakuasi Korban

Banjir Melanda Dua Kecamatan, Polsek Pajar Bulan dan Jarai Evakuasi Korban

Author : Ujang/Humres

LAHAT, LhL – Hari ini, Sabtu 27 Januari 2024, Kapolres Lahat, AKBP. God Parlasro S Sinaga, SH, SIK, MH melalui Kapolsek Jarai AKP Irsan Rumsi SE dan Kapolsek Pajar Bulan AKP Asri Basyaruddin, SH beserta personel melaksanakan evakuasi korban banjir akibat luapan Sungai Dendan di Desa Ulak Bandung , Desa Pulau, Desa Gelung Sakti, Kecamatan Pajar Bulan dan Desa Pelajaran, Desa Nanti Giri dan Desa Sadan Kecamatan Jarai Kabupaten Lahat.

“Pada hari Sabtu tanggal 27 Januari 2024 sekira jam 05.00 wib bertempat di Desa Ulak Bandung, Pulau dan Desa Gelung Sakti ,desa Tanjung Agung Kecamatan Pajar Bulan, dan Desa Pelajaran, Desa Nanti Giri dan Desa Sadanu Jarai telah terjadi banjir akibat luapan Sungai Dendan sehubungan curah hujan yang tinggi”, kata Irsan..

Air saat ini, sebutnya, sudah masuk ke rumah rumah warga dan jalan dengan ketinggian air saat ini kurang lebih 70 CM. Korban jiwa nihil, kerugian yang baru terdata 1 (Satu) unit rumah hanyut atas nama Sudarman, (45) warga Pulau dengan perkiraan kerugian kurang lebih 50 juta.

Baca Juga   Pasca Kenaikan BBM, Satlantas Polres Banyuasin Bagikan Sembako Bagi Pengguna Jalan Yang Tertib Berlalu Lintas

“Kerugian materi lainnya, yakni sawah di Desa Ulak Bandung, Desa Gelung Sakti dan Desa Tanjung Agung yang belum terdata dan jembatan penghubung Desa Ulak Bandung dan Pulau Putus atau roboh di terjang banjir. Saat ini terdata 2 (dua) unit rumah warga Desa Benua Raja terendam banjir dan mengalami rusak ringan serta 20 (dua puluh) kolam ikan rusak akibat banjir. Sedangkan desa Gelung sakti 6 (enam) unit rumah warga terendan banjir dan mengalami rusak ringan. Sementara banjir yang melandan 3 desa di Kecamatan Jarai setinggi lutut telah memasuki beberapa rumah warga dan merusak persawahan”, jelasnya lagi.

Personel Polsek Pajar Bulan dan Polsek Jarai dibantu Koramil setempat dan warga sekitar, telah turun ke lokasi guna membantu dan mengevakuasi warga yang rumahnya terendam banjir serta membantu menyelamatkan perabot rumah tangga ke tempat yang lebih aman.

Baca Juga   Wabup : Kalu Jeme di Dusuntu Sate Hewan Sapi Atau Kambing Disembelih Datang Kepehut- Pehute Digulaikah

“Serta memberikan himbauan kepada masyarakat khususnya Desa Ulak Bandung, Desa Pulau, Desa Gelung Sakti dan Pagar Kaya serta perkebunan di bukit Desa Tanjung Agung, agar waspada guna mengantisipasi lebih meluapnya sungai Lematang sehingga menyebabkan banjir dan tanah lingsor yang lebih besar. Saat ini curah hujan sudah berhenti dan debit air mulai surut. Banjir di Desa Ulak Bandung dan Desa Pulau, Desa Gelung Sakti, Pagar Kaya, ataran perkebunan di bukit Tanjung Agung Pajar Bulan dan Suka Merindu terjadi, akibat tingginya curah hujan sehingga menyebabkan meluapnya air Sungai Dendan dan tanah longsor. Saat ini personel Polsek Pajar Bulan dan Polsek Jarai masih berada di lokasi guna mengantisipasi situasi lebih lanjut”, tutup Asri.

Editor : RON

Check Also

Coffee Morning, Pj Bupati Lahat : Isi Moment HPN Dengan Berita Membangun Lahat Bermartabat

Author : BRP LAHAT, LhL – Untuk mempererat tali silaturahim antara Pemerintah Daerah, Forkopimda dan …

SMM Panel

APK

Jasa SEO