Home / LAHAT METROPOLIS / Kecamatan Pajar Bulan / Puskesmas Pajar Bulan Lakukan Fogging untuk Cegah DBD

Puskesmas Pajar Bulan Lakukan Fogging untuk Cegah DBD

Author : Toni Ramadhani

PAJAR BULAN, LhL – Salah satu penyakit yang harus diwaspadai oleh masyarakat disaat datangnya musim hujan seperti saat ini adalah Demam Berdarah Dengue (DBD). DBD adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus dengue yang dibawa oleh nyamuk Aedes aegypti & Aedes albopictus betina.

Untuk itulah berbagai kegiatan dan langkah menanggulangi serta meminimalisir penyakit tersebut dilakukan oleh Puskesmas Pajar Bulan di wilayah kerjanya.

Kepala Puskesmas Pajar Bulan, Zamhari, SKM mengatakan, berbagai upaya dilakukan untuk mencegah DBD salah satunya fogging atau pengasapan.

“Dalam pelaksanaan fogging tersebut menyasar hingga 20 desa yang ada di Kecamatan Pajar Bulan, Kemarin sudah dibeberapa titik lokasi kami lakukan fogging, bersama tim dari Dinkes Kabupaten Lahat” ujarnya. Rabu (17/01/2024)

Menurut Zamhari fogging merupakan langkah terakhir dimana kegiatan pencegahan yang utama adalah Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) 3M Plus.

Baca Juga  Pengurus Baru IMMUBA Periode 2023-2025 Resmi Dilantik

Ia menjelaskan langkah dengan 3M Plus yaitu Menguras tempat penampungan air, Menutup tempat-tempat penampungan air, dan Mendaur ulang berbagai barang yang memiliki potensi untuk dijadikan tempat berkembang biak nyamuk Aedes aegypti yang membawa virus DBD pada manusia.

Selain 3M yang dimaksud pada poin Plus antara lain Menanam tanaman yang dapat menangkal nyamuk, Memeriksa tempat-tempat yang digunakan untuk penampungan air, Menggunakan obat anti nyamuk, Memasang kawat kasa pada jendela dan ventilasi yang ada di rumah. Melakukan gotong royong untuk membersihkan lingkungan secara bersama, Meletakkan pakaian yang telah digunakan dalam wadah yang tertutup, Memberikan larvasida pada penampungan air yang susah untuk dikuras, dan Memperbaiki saluran dan talang air yang tidak lancar.

Peran serta masyarakat, menurutnya sangat diperlukan dalam upaya pencegahan penyebaran kasus DBD ini.

Karena dalam langkah pemutusan siklus hidup nyamuk, semua kalangan masyarakat dapat berperan aktif.

Baca Juga  Ada Apa...!! Awal Tahun 2023, Camat Monev DD tahap tiga Tahun 2022

“Kami tidak bosan untuk terus menghimbau pada warga, agar dapat berperan aktif dan bersama sama dalam upaya pencegahan penyebaran jentik nyamuk DBD ini,” himbaunya.

Menurutnya adanya peningkatan kasus ini disebabkan oleh cuaca yang tidak menentu kadang hujan dan kadang panas.

Hal ini menyebabkan banyak air tergenang di tempat penampungan dan menjadi habitat perkembangbiakan nyamuk. Bahkan penularannya sangat cepat, misal ada kasus dan darah penderita dihisap nyamuk penyebab DBD maka akan cepat menular.

Terkait langkah antisipasi penyebaran DBD ini diperlukan peran serta masyarakat. Hal tersebut karena pencegahan DBD tak akan bisa dilakukan apabila hanya dengan mengandalkan fogging. “Langkah yang bisa dilakukan sangat simpel, cukup gerakan 3M atau Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) itu paling efektif efisien,” jelasnya.

Editor : RON

Check Also

Aplikasi Sistem Informasi Geoportal Kebijakan Satu Kabupaten Lahat, Peta Dilaunching

Author : BRP LAHAT, LhL – Mewakili Pj Bupati Lahat, Sekda Lahat Chandra, SH, MM …

SMM Panel

APK

Jasa SEO