Home / REGIONAL / MUSI BANYUASIN / Tempuh Perjalanan Puluhan Kilometer, Apriyadi Boyong Sembako untuk Warga Terdampak Banjir

Tempuh Perjalanan Puluhan Kilometer, Apriyadi Boyong Sembako untuk Warga Terdampak Banjir

Editor : RON

MUBA, LhL – Di hari pertama kerja setelah weekend, Penjabat (Pj) Bupati Musi Banyuasin (Muba) H Apriyadi Mahmud gerak cepat turun langsung mendatangi warga yang terdampak Ayo Nalam atau Banjir tahunan akibat meluapnya air Sungai Sake, Senin (8/1/2024).

Lokasi banjir yang didatangi Pj Bupati Apriyadi dengan menempuh perjalanan puluhan kilometer dari Sekayu, yakni wilayah banjir di Desa Kertajaya Kecamatan Sungai Keruh Kabupaten Muba. Saat peninjauan, pihaknya secara simbolis menyerahkan bantuan beras dan paket sembako kepada warga yang yang terdampak banjir.

Di setiap lokasi banjir dan usai menyerahkan bantuan, Apriyadi berbincang langsung dengan warga dan bagi-bagi buku tulis gratis kepada anak-anak setempat. Dirinya juga terus mengingatkan agar menjaga anak-anak dan keluarga saat berada di lokasi banjir.

Baca Juga   HD : Semoga di Usia 50 Tahun, BBLK Palembang Kian Matang

“Musim banjir sekarang, sangat rentan anak-anak terkena penyakit dan juga kondisi lingkungan yang banjir bisa membahayakan anak-anak, apalagi yang belum bisa berenang. Untuk itu, selalu jaga anak-anak dan keluarga,” imbaunya.

Kandidat Doktor Universitas Sriwijaya inu juga berpesan kepada para Kepala Desa melalui Camat untuk terus mendata warganya yang terkena dampak banjir.

Camat Sungai Keruh, Edi Haryanto SH MSi melaporkan, Desa Kertajaya Kecamatan Sungai Keruh mengalami banjir tahunan akibat luapan Sungai Musi. Adapun kondisi air dengan ketinggian 1.5 meter dari tanah terendah dan 1 meter diatas jalan.

“Jumlah rumah yang dampak banjir sebanyak 272, rumah warga yang mengungsi dengan kondisi dibawah rumah terdampak banjir sebanyak 120 KK, untuk sementara pindah ke rumah bagian atas. Kemudian Sekolah PAUD terdampak banjir ada PAUD Amanda dan PAUD Kartini.

Baca Juga   JPKP Banyuasin Desak DPRD Rekomendasikan Tutup Dua Perusahaan Ini, Ada Apa..?

Sementara Rosmaini salah seorang warga yang menerima bantuan, beliau menyampaikan terimakasih kepada Pj Bupati Muba yang sudah turun langsung meninjau kondisi warga Desa Kertajaya.

“Alhamdulillah. Pagi-pagi sudah dapat beras dan sembako dan diberikan langsung oleh Bapak Pj Bupati Apriyadi. Ayo Nalam ini biasa terjadi setiap tahunnya karena akibat meluapnya air Sungai Sake,” ucap Rosmaini. 

Turut hadir mendampingi Dandim 0401 Muba Letkol  Inf Erry Dwianto SPsi MHan, Kapolsek Sungai Keruh Iptu Andaru Galuh Indratno, STrK, Kepala BPBD Muba Pathi Ridwan SE ATD MM, Kasat Polpp Muba Erdian Syahri SSos MSi, perwakilan Dinas Kesehatan Kabupaten Muba dan Dinkominfo Muba serta Kades setempat. (Riki)

Check Also

Pastikan Pleno KPU Aman, Kapolres Lahat Pimpin Pengawalan Lokasi

Author : Herly LAHAT, LhL – Hari ini, Kamis (29/2/24) bertempat di Kantor KPU Lahat, …

SMM Panel

APK

Jasa SEO