Home / REGIONAL / MUSI BANYUASIN / Pemkab Muba Gelar Audit ISO 27001 Tingkatkan Manajemen Keamanan IT

Pemkab Muba Gelar Audit ISO 27001 Tingkatkan Manajemen Keamanan IT

# Pentingnya Standar Keamanan Teknologi Informasi Di Era Masa Kini

Editor : RON

MUBA, LhL – Pemkab Musi Banyuasin melalui dinas kominfo telah melaksanakan audit ISO 27001, suatu standar sistem manajemen keamanan informasi yang implementasinya untuk evaluasi tata kelola resiko terhadap keamanan teknologi informasi. Standar ini memberikan kerangka kerja bagi organisasi untuk mengembangkan, menerapkan, menyatukan dan terus meningkatkan sistem keamanan IT.
Audit dilaksanakan langsung oleh PT.TUV SUD Indonesia Jakarta dengan Lead Auditor Jahja Mahyudin Kurniawan didampingi Hendri Ponda sebagai Konsultan ISO 27001:2022 dari PT. Prima Nusa Gemilang. Evaluasi dilakukan di ruang Media Center dinas kominfo Muba, Senin 13/11/2023 .

Jahja Mayudin selaku Lead auditor mengungkapkan bahwa Informasi adalah salah satu aset penting dan sangat berharga bagi kelangsungan hidup sebuah organisasi yang disajikan dalam berbagai format berupa : catatan, lisan, elektronik, pos, dan audio visual seperti dinas kominfo ini.

Baca Juga  Pergelaran Aerobic Competition Diikuti Ratusan Peserta dari Barbagai Daerah Se-Sumbagsel

“Kami tahu dan banyak mendengar selama ini bahwa pemkab Muba punya komitmen tinggi dalam hal ini untuk itulah kami datang dengan tujuan audit ISO 27001 tahap pertama ini adalah asesment membantu manajemen organisasi pemerintah daerah untuk melindungi kerahasiaan, keutuhan dan ketersediaan sistem IT terutama soal aspek dokumentasi tahap I dan akan dilanjutkan nanti di aspek implemetasi ditahap II”, lanjut Jahja Mahyudin.

Terpisah Kepala dinas Kominfo Muba Herryandi Sinulingga, AP sangat mendukung penuh dan menyambut baik evaluasi inI dan dengan disertifikasi ISO 27001, berarti organisasi kita, dan OPD lainnya akan mendapatkan sertifikat yang diakui secara global dalam bidang sistem manajemen keamanan informasi.

Baca Juga  PTBA Bangun 23 Sumur Bor dan 25 Unit Bedah Rumah

Hal ini sesuai arahan Pj, Bupati H. Apriyadi Mahmud untuk terus tingkatkan profesionalisme kerja dan terus perbaiki tata kelola terhadap keamanan teknologi informasi dan harus memiliki pengendalian terukur terkait yang mungkin menimbulkan risiko atau gangguan keamanan informasi.

“Kominfo akan terus lakukan perbaikan yang berkesinambungan di dalam pengelolaan keamanan informasi, membuat pelaksanaan setiap proses menjadi lebih sistematis dan mengubah budaya kerja efektip efisien”, pungkas Sinulingga

Kepala Bidang Persandian, Jerry Renoldi, ST, MT menambahkan bahwa perlunya audit ISO 27001 salah satu upaya meyakinkan publik, membangun citra positip dan sekaligus meningkatkan kepercayaan publik dalam membantu tercapainya kebutuhan standar keamanan teknologi informasi dinas kominfo, semacam best practice dalam pengamanan informasi terutama dilingkungan pemerintah kabupaten Musi Banyuasin. (Riki)

Check Also

Wakili Yulius Maulana, Ujang Doakan Kedua Mempelai di Desa Giri Mulya

Author : Nop LAHAT, LhL – Sebagai seseorang yang memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi, Yulius …

SMM Panel

APK

Jasa SEO