Home / REGIONAL / PAGAR ALAM / Harga Meningkat, Petani Cabai di Pagaralam Tersenyum

Harga Meningkat, Petani Cabai di Pagaralam Tersenyum

Author : Toni Ramadhani

PAGARALAM, LhL – Petani cabai di Kota Pagar Alam saat ini kembali bisa tersenyum, pasalnya saat ini harga cabe di tingkat petani kembali mengalami kenaikan cukup signifikan.

Jika sebelumnya harga cabai ditingkat petani hanya berkisar diharga Rp27.000 sampe Rp29.000 perkilogram. Namun saat ini mengalami kenaikan menjadi Rp37.000 sampai Rp40.000 perkilogram tergantung jenis dan kualitas cabenya.

Naiknya harga cabai ini diduga disebabkan tidak banyaknya petani di Pagar Alam yang menanam Cabe, hal ini dipengaruhi musim kemarau yang membuat petani kesulitan mendapatkan air.

Baca Juga  Dana Pengadaan APAR Kantor Sekretariat Walikota Pagaralam Dipertanyakan

Juspandi (48) salah satu petani cabai dikawasan Cawang Baru Dempo Utara Kota Pagar Alam mengatakan, jika sejak beberapa hari ini harga cabai ditingkat petani mengalami kenaikan.

“Harga cabai sekarang alhamdulilah naik, kemarin saya jual Rp40 ribu perkilonya. Padahal sebelumnya harganya hanya berkisar Rp27 ribu sampai Rp29 ribu perkilogramnya,” katanya.

Dijelaskan Juspandi, kenaikan harga cabai ini sudah terjadi sejak awal kemarau lalu, dimana dari Rp27.000 perkilogram sempat naik diangka Rp31.000 perkilogram. Namun saat ini naiknya cukup signifikan yaitu Rp40.000 perkilogram.

“Saya dapat kabar hari ini kembali naik menjadi Rp 60 ribu tapi saya belum tahu pasti itu baru kabar yang saya dapat dari petani lain,” jelasnya.

Baca Juga  Cegah Penyebaran Covid-19, PTBA Sosialisasikan Percepatan Pencegahan Pendemi

Sementara itu Dharmawansyah salah satu agen cabai Pagar Alam mengatakan, jika memang harga cabe saat ini terus mengalami kenaikan.

Jika sebelumnya hanya Rp27.000 saat ini ada yang berharga Rp33.000 perkilogram dan ada yang lebih dari itu.

“Naik harganya namun tetap melihat kualitas dan jenis cabainya. Selian itu juga tergantung lokasi lahannya, jika jauh dari pasar maka harganya akan berbeda karena dipotong ongkos,” ungkapnya.

Editor : RON

Check Also

KPU Lahat Selesaikan perintah MK PUSS Lahat 4

Author : Ibrahim LAHAT, LhL – Perhittungan Ulang Surat Suara di Lahat 4, telah diselesaikan …

SMM Panel

APK

Jasa SEO