Home / DUSUN LAMAN / Hasil Musdesus Penerima BLT-DD Tahun 2023 Desa Lesung Batu Sebanyak 30 KPM

Hasil Musdesus Penerima BLT-DD Tahun 2023 Desa Lesung Batu Sebanyak 30 KPM

Author : Ivi Hamzah

MULAK ULU, LhL – Bertempat di Kantor desa, Desa Lesung Batu Kecamatan Mulak Ulu Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan, hari ini Jum’at (27-1-2023) BPD dan Pemerintah desa Lesung Batu melaksanakan musyawarah desa khusus (Musdesus) mengenai penetapan penerimaan BLT-DD tahun 2023. Hadir dalam Musdesus ini, Camat Mulak Ulu Elsye Hartuti STTP. MM, PLH Kapolsek Mulak Ulu IPTU Dauri, Danramil 405/09/KA yang diwakili Serda Harlin Hadi, Omiati Kasi Ekobang, Okta Riansyah S.Pd (PD) Wiri Sapta SE, (PLD) Perangkat desa, BPD dan Masyarakat.

Musdesus ini dibuka langsung oleh Ketua BPD desa Lesung Batu Andres Jons Refer. Dalam sambutannya ketua BPD mengatakan, bahwa untuk desa lesung batu telah dilakukan pendataan dan telah dilaksanakan verifikasi data dari P3KE.

“Hasil dari verifikasi kami lakukan dengan pemerintah desa, untuk penerima BLT-DD tahun 2023 sebanyak 30 KPM. Datah ini kami serahkan ke dalam Musdesus untuk dilakukan penetapan dan disaksikan Forkopimcam,”terangnya.

Sementara itu Radius Prawira Kepala desa Lesung Batu mengucapkan terimakasih kepada Forkopimcam Mulak Ulu yang telah hadir dalam Musdesus penetapan penerima BLT-DD desa lesung batu tahun 2023. Seperti yang telah dikatakan BPD, bahwa penerima BLT-DD tahun 2023 berbeda dari penerima BLT-DD tahun 2022. Karena untuk penerima BLT-DD tahun 2023 ada kriteria khusus yang dipenuhi oleh penerima yaitu; miskin ekstrim, mengidap penyakit menahun, depabel, dan rumah tangga tunggal.

Baca Juga  Bersama Forkompimda Bupati Lahat Hadiri, Upacara Penutupan Dikmata TNI AD Gelombang II Tahun 2020

“Jadi untuk desa lesung batu telah dilakukan verifikasi data penerima BLT-DD sebanyak 30 KPM. Kami mohon pada tim dan perangkat desa agar menjelaskan ketentuan ini pada masyarakat lesung batu,”ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan Camat Mulak Ulu Elsye Hartuti, bahwa ketentuan penerima BLT-DD tahun 2023 harus masuk dalam 4 kriteria yang telah diatur pemerintah. Karena data yang ada dalam P3KE Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrim,
Pemerintah desa dan BPD harus memverifikasi data P3KE tersebut untuk dimasukan ke data keluarga penerima manfaat (KPM). Karena yang tahu keadaan ekonomi rumah tangga miskin ekstrim yaitu pemerintah desa dan BPD, oleh karena itu data KPM harus benar-benar valid.

“Kami harapkan data masuk dalam KPM 2023 sesuai dengan 4 kriteria yang ada, karena penerima BLT-DD tahun ini bukan lagi dampak dari pandemi covid-19,”pesannya.

Pernyataan ini juga dipertegas oleh Okta Riansyah selaku pendamping desa, bahwa Verifikasi data P3KE ada ketentuan desil 1, 2, dan 3. Yang pertama rumah tangga dalam kelompok 10% terendah (miskin ekstrim), desil 2 umah tangga dalam kelompok antara 10-20% terendah, desil 3 adalah rumah tangga dalam kelompok antara 20-30% terendah dan seterusnya. Jadi maksudnya kalau belum masuk dalam kategori benar-benar miskin tidak boleh dimasukkan dalam KPM. Karena dalam data P3KE ada beberapa nama yang ekonominya sejahtera tetapi masuk dalam data miskin ekstrim.

Baca Juga  Lepas Peserta Raimuna Nasional Tahun 2023 Kwartir Cabang Lahat, Ini Pesan Kakak Fitrzal Kepada Peserta

“Maka dari itu kami minta pada tim agar benar-benar teliti dalam memverifikasi data untuk dimasukan ke dalam keluarga penerima manfaat, karena yang tahu keadaan ekonomi rumah tangga miskin dan lainnya tersebut adalah pemerintah desa dan BPD,”jelasnya.

Sementara itu mewakili keamanan dan ketertiban masyarakat, Kapolsek Mulak Ulu IPTU Ismail yang disampaikan Plh IPTU Dauri, demi menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) pihaknya akan mendukung setiap kegiatan pemerintah desa. Karena Forkopimcam adalah sinergitas pemerintah desa untuk mendukung setiap program kerja yang baik demi kemajuan desa.

“Kami yakin keputusan yang diambil dalam Musdesus ini tidak akan ada kecemburuan sosial di masyarakat, dengan catatan sampaikan informasi ini dengan baik dan jelas kepada masyarakat,”imbuhnya.

Editor : Ron

Check Also

Usai Kondangan, Konvoi Kendaraan Rombongan Yulius Maulana Dicegat Warga

Author : NOPI MULAK ULU, LhL – Ada suatu hal yang mengejutkan dalam perjalanan pulang …

SMM Panel

APK

Jasa SEO