Home / LAHAT METROPOLIS / Kecamatan Mulak Ulu / TA Kabupaten Lahat Sosialisasikan Program BUMDES di Desa Lesung Batu

TA Kabupaten Lahat Sosialisasikan Program BUMDES di Desa Lesung Batu

Author : Ivi Hamzah

MULAK ULU, LhL – Bertempat di kantor desa Lesung Batu kecamatan Mulak Ulu Kabupaten Lahat Sumsel, hari ini Selasa (29-11-2022) Tenaga Ahli Kabupaten Lahat Sosialisasikan program Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) kepada masyarakat. Pemaparan program Bumdes ini dilaksanakan langsung oleh
Dwi Ristianto dan Syafriansyah, TA Kabupaten Lahat.
Sosialisasi Bumdes ini juga dihadiri kepala desa dan ketua Bumdes dari lima desa, yaitu Desa Lesung Batu, Air Puar, Pajar Bulan, Mengkenang, dan Lawang Agung. Pendamping Desa (PD) dan Pendamping Lokal Desa (PLD) Kecamatan Mulak Ulu.

Dwi Ristianto dalam pemaparannya mengatakan, bahwa pentingnya desa untuk mendirikan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) guna mengimbangi ketahanan pangan khususnya di desa itu sendiri. Dijelaskan Dwi, para pengelola Bumdes diutamakan membentuk Bumdes sesuai dengan kebutuhan di dalam desa, misalnya produk pertanian, peternakan, dan kebutuhan pokok lainnya yang bisa dikelola Bumdes. Namun terlebih dahulu, harus dibentuk Badan hukum, AD/ART, Perdes dan strukturnya.

Baca Juga  Ka-OPD Diminta Tak DL Selama BPK Memeriksa

“Kami yakin dan percaya kalau Bumdes dikelola dengan baik, dapat menjadi ketahanan pangan desa,”jelasnya.

Dalam menjalankan Bumdes, lanjutnya, para pengurus dan anggota Bumdes harus memiliki jiwa dan memahami manajemen ekonomi yang produktif atau bisnis. Karena Bumdes adalah sebuah usaha yang harus dikelola supaya dapat berjalan dan menghasilkan laba, kalau manejemen Bumdes tidak sehat, sudah tentu akan kolef.

“Maka dari itu kami pesankan pada pengelola Bumdes, manajemen Bumdes harus dikelola dengan baik kalau mau menjadi besar,”pesannya.

Hal senada juga disampaikan Syafriansyah (TA) bahwa dalam pengelolaan Bumdes, dari awal pembentukan sampai ke pengelolaannya harus dilakukan musyawarah desa. Karena Musdes penting dilakukan sebagai bentuk keterbukaan informasi publik pada masyarakat.

Baca Juga  Ketua TP-PKK Mulak Sebingkai Laksanakan Pembinaan Pokja PKK di Desa Lubuk Dendan

“Kami harap pemerintah desa dan pengelola Bumdes harus tetap berkoodinasi dalam sebuah hal, karena setiap permasalahan yang dialami pemerintah desa wajib mengetahuinya,”tegasnya.

Sementara itu Radius Prawira Kades Lesung Batu, mengucapkan terimakasih kepada Tenaga Ahli bidang perencanaan desa Kabupaten Lahat yang telah memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai Bumdes. Sebagai kepala desa ia sangat senang diberikan bekal melalui Sosialisasi ini.

“Secara badan hukum di desa kami belum dijalankan, namun untuk produknya kami sudah menjalankan, untuk saat kami Bumdes yang kami jalankan yaitu ternak kambing. Kami akan selalu berkoordinasi dengan pihak PD dan PLD untuk tahap berikutnya,”tutupnya.

Editor : Ron

Check Also

Hadiri Resepsi Pernikahan Erik dan Dessy, Yulius Maulana Disambut Antusias Masyarakat Aceh Pajar Bulan

Author : Toni Ramadhani PAJAR BULAN, LhL – Menghadiri undangan pernikahan warga Desa Aceh Kecamatan …

SMM Panel

APK

Jasa SEO