Home / LAHAT METROPOLIS / Kecamatan Kota Lahat / PEDAGANG MUSIMAN KELAPA MUDA MULAI BERMUCULAN

PEDAGANG MUSIMAN KELAPA MUDA MULAI BERMUCULAN

Author : Ganda coy

LAHAT, LhL – Bulan Ramadhan memang membawa berkah tersendiri untuk para umat Islam di seluruh dunia. Apabila bulan puasa telah tiba, biasanya banyak sekali pedagang musiman bermunculan untuk menjajakan makanan dan minuman untuk berbuka. Seperti di Kabupaten Lahat, pedagang musiman buah kelapa muda pada bulan suci Ramadhan ini marak, karena buah tersebut menjadi salah satu menu minuman yang digemari warga setempat untuk berbuka puasa.

Pantauan Lahathotline.com, Minggu 20/05/18, pedagang buah kelapa muda itu tampak banyak dijumpai di beberapa tempat yaitu diseputaran areal Kodim Lama kelurahan Pasar lama Lahat, terlihat puluhan pedagang buah kelapa mudah (Dogan) telah berbaris ditepian jalan untuk menjajakan dagangannya kepada pembeli.

Baca Juga  MEMERIAHKAN HUT R.I, PELAJAR KABUPATEN LAHAT, IKUTI BARIS BERBARIS

Pajar (34) pedagang dogan diseputaran areal Kodim Lama kelurahan Pasar lama mengatakan, selama bulan ramadhan dirinya terpaksa beralih profesi menjadi pedagang Dogan dari sebelumnya mengojek . Untuk satu buah Dogan dijual dengan harga Rp.10 ribu dengan modal awal sebesar Rp.5.000 dan mulai buka pada pukul 02.00 Wib sampai pukul 18.00 Wib.

“Untuk Dogan saya ambil sendiri dari batang milik orang lain dan dibeli seharga Rp.4.000 sampai Rp.5000 perbuah tergantung dengan tinggi rendahnya batang yang dinaiki. Alhamdulilah sejak awal buka selalu ramai,”ujarnya.

Baca Juga  TINGKAT POPULARITAS BURSAH-PARHAN MASIH TERTINGGI

Dijelaskannya, untuk keuntungan yang diraih perhari bervariatif mulai dari Rp.100 ribu sampai Rp.200 ribu perhari tergantung dengan ramai atau tidaknya warga yang membeli, namun bisnis ini tidak akan bertahan lama karena usai ramadhan biasanya Dogan tidak begitu diburu oleh masyarakat.

“Kalu sore mulai rami yang nak beli Dogan, aku jualan ditemani istri terkadang sendirian. Alhamdulilah kak untuk persiapan lebaran karena kebutuhan biasanya meningkat sehingga sangat berharap agar momen ini terus bertahan selama ramadhan,”imbuhnya.

Editor : Zadi

Check Also

YM Bersanding dengan HH, Pengamat Politik : Mesra Tak Mesti Senada

  Author : Nopi LAHAT, LhL – Dengan kesibukannya dalam memenuhi sejumlah undangan masyarakat Lahat …

SMM Panel

APK

Jasa SEO