Home / LAHAT METROPOLIS / Kecamatan Merapi Timur / LIMBAH BATU BARA DIDUGA CEMARI SUNGAI KUTEAN

LIMBAH BATU BARA DIDUGA CEMARI SUNGAI KUTEAN

Author : Karel

MERAPI TIMUR, LhL – Minggu pagi (04/02/18), terpantau warga Desa Muara Lawai, Kecamatan Merapi Timur, Kabupaten Lahat dihebohkan dengan mengalirnya limbah di Sungai Kutean yang sangat pekat, hingga warga tidak bisa lagi mencuci dan mandi sebagai mana layaknya.

“Hengki Kepala Dusun Tiga Desa Muara Lawai menyampaikan kepada awak Media lahathotline.com, bahwa warna kuning kepekatan air Sungai Kutean tersebut tidak bisa dibiarkan. Karena dikhawatirkan limbah ini mengalir ke Sungai Air Lawai, yang jauhnya kurang lebih 3 KM.

“Hal ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan warga kami”, terang Hengki.

Baca Juga  UNSUR TRIPIKA MERAPI TIMUR MEDIASI SENGKETA LAHAN

Hingga saat ini, sumber limbah belum bisa diketahui, akan tetapi di bagian hulu sungai ada aktivitas eksplorasi batubara oleh dua perusahaan yakni PTBA dan PT. GGB. Dan warga tidak serta merta menuduh, sebelum semua dibuktikan oleh pihak yang berwenang.

“Sejak adanya perusahaan yang ada di sekitar perkebunan warag, hal ini menambah sulitnya warga untuk memanfaatkan air bersih, terang Khairul selaku Ketua BPD Desa Muara Lawai.

Tak hanya itu, As sebagai warga setempat juga menyebut, pekat dan bau limbah yang mengalir Di sungai Kutean sangat mengganggu dan meresahkan warga

Baca Juga  TANHAR EFENDI BUKA TURNAMEN VOLLY BALL KNPI MERAPI TIMUR

“Terutama ekosistim yang ada di area sungai tersebut”, kata dia.

Sekedar info edukatif, UU  Nomor 32 tahun 2009 dengan tegas mengatur tentang lingkungan hidup. Termasuk ancaman dan dendanya, Sementara kenyataan di lapangan, perwakilan warga terdampak limbah, yang terus menerus mengaliri sungai sangatlah merasa dirugikan.

“Utamanya air bersih dan matinya ikan sungai. Harapan kami sebagai warga, perusahaan apapun yang ada beroperasi di wilayah Desa, khususnya Muara Lawai, hendaknya selalu menjaga kelestarian lingkung hidup”, pungkas DN juga warga setempat.

Editor : Zadi

Check Also

Kedatangan Keluarga Yulius Maulana Disambut Hangat Tokoh Masyarakat Merapi

Author : Ujang LAHAT, LhL – Mengejutkan…, ketika keluarga besar Yulius Maulana, ST (YM) menyambangi …

SMM Panel

APK

Jasa SEO