Home / HUKUM & KRIMINAL / KAPOLRES MUARA ENIM AJAK MAHASISWA ANTISIPASI TRANSNASIONAL CRIME

KAPOLRES MUARA ENIM AJAK MAHASISWA ANTISIPASI TRANSNASIONAL CRIME

Author : Ari Firmansyah

MUARA ENIM, LhL – Kapolres Muara Enim, AKBP Leo Andi Gunawan SIK MPP lakukan sosialisasi Transnasional Crime atau kejahatan lintas negara kepada Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) Serasan, Muara Enim, Kamis (18/05/2017).

Leo mengatakan dalam kegiatan ini, dirinya mengajak agar semua pihak dapat mewaspadai Transnasional crime ini merupakan kejahatan lintas dunia yang sangat berbahaya.

“Kejahatan lintas negara ini biasanya melihatkan beberapa pihak dan untuk memuluskan aksinya para pelaku sudah merencanakan dengan perhitungan yang matang,”ujar
Kapolres Muara Enim AKBP Leo Andi Gunawan.

Baca Juga   PIMPIN APEL OPERASI ZEBRA MUSI 2020, KAPOLRES PAGARALAM SAMPAIKAN AMANAH DIRLANTAS POLDA SUMSEL

Bahkan, lanjut Leo, tidak menutup kemungkinan yang menjadi korban adalah orang-orang di sekitar kita.

“Mungkin kita mengabaikan kejahatan lintas negara, namun patut diwaspadai, kalau-kalau kita sendiri yang menjadi korban” Ungkapnya.

Ditambahkan Leo, ada banyak contoh kejahatan lintas negara dengan berbagai motif diantaranya, seperti pencucian uang, korupsi, perdagangan gelap tanaman dan satwa liar yang dilindungi, kejahatan terhadap benda seni budaya (cultural property), perdagangan manusia (human trafiking), penyelundupan imigran serta produksi dan perdagangan gelap senjata api.

Baca Juga   POLISI TERUS LAKUKAN "POLICE GOES TO SCHOOL"

“Untuk di Muara Enim kejahatan ini belum ada, namun kita harus tetap waspadai agar kejahatan seperti ini tidak terjadi khususnya di Muara Enim”, jelasnya.

Sementara itu, Ketua Yayasan STIH Serasan Riswandar mengatakan, materi transnational crime ini sangat penting bagi mahasiswanya.

“Sangat jarang mahasiswa mendapat materi seperti ini bahkan jarang dipelajari dalam mata kuliah reguler” Tutup Riswandar.

Editor : Zul

Check Also

Dinilai Tak Realevan Lagi, Perda tentang RTRW Kota Pagaralam Perlu Perubahan

Author : Toni Ramadhani PAGARALAM, LhL – Peraturan Daerah (Perda) Kota Pagar Alam, Provinsi Sumatera …

SMM Panel

APK

Jasa SEO

error: Content is protected !!