Home / LAHAT METROPOLIS / Kecamatan Kota Lahat / TERKAIT PHI, KSBSI MENILAI DISNAKER LAHAT TAK TRANSPARAN TERHADAP PENERAPAN UU RI 13/2003

TERKAIT PHI, KSBSI MENILAI DISNAKER LAHAT TAK TRANSPARAN TERHADAP PENERAPAN UU RI 13/2003

Author : DARMAWAN

LAHAT, LhL – Para pekerja di Kabupaten Lahat, diawal tahun 2017 ini banyak yang di PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) oleh bebetapa perusahaan. Dengan keadaan itu, Pengurus Cabang Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia Lahat (PC KSBSI) yang beralamatkan di Desa Tanjung Payang angkat bicara. Selasa (31/01).

Saat ditemui di tempat, Amir Hamzah selaku wakil PC KSBSI, kepada Lahathotline.com, berharap kepada dinas terkait agar selalu bersikap transparan dan mendampingi para pekerja yang sedang dimediasi terkait Perselisihan Hubungan Industrial (PHI).

Baca Juga  BUPATI LAHAT CIK UJANG MENGHADIRI HARI SANTRI NASIONAL DI PONPES AL- FATAH

“Semoga dari Disnaker, terkhusus bagi bidang hubungan kerja, agar mendampingi para pekerja yang sedang melaksanakan mediasi dengan berlandaskan UU Tenaga Kerja nomor 13 Tahun 2003,” ujarnya.

Amir juga meminta, agar Dinas Tenaga Kerja segera mendatangi dan menegur langsung pihak perusahaan yang sering tidak hadir saat jadwal mediasi.

“Ini sangat merugikan para buruh, dengan sikap yang terkesan selalu menghindar dari pengusaha saat diminta mediasi terkait perselisihan,” bebernya.

Ditambahkan dia, kepada pihak Disnaker, pengusaha dan pekerja, kiranya bisa menjalankan ketentunya yang sudah diatur dalam Undang Undang yang berlaku.

Baca Juga  Bupati Lahat Lantik Tujuh Pejabat Administrator di Lingkungan Pemkab Lahat

“Tentunya kita tahu, pelanggaran terhadap undang undang merupakan bentuk pidana dan secara langsung berarti melawan hukum yang diatur negara,” tegasnya.

Hingga berita ini ditayangkan, awak media masih terus berupaya melakukan konfirmasi pada pihak Disnaker Kabupaten Lahat. Sebab sekira jam 14:00 kemarin siang, saat pewarta menyambangi kantor dinas tersebut sudah sepi, dan tak ada pihak yang dapat menjelaskan tentang hal ini.
Editor : UJANG SP

Check Also

Safari Jum’at di Selawi, Yulius Maulana Beri Bantuan ke Masjid Darussalam

Author : Ujang LAHAT, LhL – Seperti biasa Calon Bupati Kabupaten Lahat Yulius Maulana ST …

SMM Panel

APK

Jasa SEO