Home / LAHAT METROPOLIS / Kecamatan Kota Lahat / TAHAP II, PENJUAL MIE BERFORMALIN DITAHAN PIDUM KEJARI LAHAT

TAHAP II, PENJUAL MIE BERFORMALIN DITAHAN PIDUM KEJARI LAHAT

Author : UJANG, SP

LAHAT, LhL – Seperti yang telah beberapa kali diberitakan sebelumnya, bahwa pihak kejaksaan negeri (Kejari) Lahat telah menerima pelimpahan berkas perkara dugaan penggunaan zat berbahaya jenis formalin yang dicampur dengan mie kuning basah dari penyidik Polres Lahat. Hanya saja, pihak Kejari Lahat masih tunggu tahap II. Yakni penyerahan tersangka dan barang bukti dari penyidik Polres Lahat kepada pihaknya.

Hari ini, Senin (16/1) sekira jam 12:00, apa yang diharapkan oleh pihak Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Lahat Raya, yang saat inspeksi mendadak (Sidak) sangat antusias serta meminta keadilan dalam temuan kasus tersebut, tercapai sudah.

“Ya, kita apresiasi atas kerja keras pihak penyidik polres dan kejaksaan negeri Lahat, yang sudah sangat serius dalam menangani kasus ini”, ujar Ketua YLKI Lahat Raya, Ir. Sanderson, saat dihubungi usai mendengarkan kabar pelimpahan tersangka dan barang bukti ke Kejari Lahat.

Baca Juga  DUA PELAJAR LAHAT MENINGGAL MENGENASKAN DIHANTAM BUS ALS

Dengan tindakan yang tegas para aparat penegak seperti itu, imbuh Sanderson, maka apa yang diharapkan juga oleh masyarakat sebagai konsumen akan terselamatkan.

“Semoga kasus ini menjadi contoh bagi para pedagang pedagang mie yang nakal, agar tidak terjadi lagi kasus kasus seperti itu. Sebab formalin adalah zat yang sangat berbahaya, kalau terus menerus dikonsumsi oleh masyarakat, maka akan sangat meracuni”, ungkap Sanderson.

Sementara itu, tersangka YD tampak tertunduk malu saat diperiksa oleh jaksa diruang riksa pidana umum kejari Lahat. Bahkan ia didampingi isterinya menampakkan rasa penyesalan atas perbuatannya tersebut.

Kajari Lahat. Helmi, SH, MH, didampingi Kasi Pidum, Kristianto, SH melalui Jaksa penyidiknya, Arfi Yanuar, SH menyebutkan, bahwa pihaknya akan melakukan penahanan terhadap tersangka YD.

“Sesuai Pasal 21 Kitab Undang Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP), kita akan tahan tersangka, karena kita bertanggungjawab atas keamanannya. Terutama dalam hal keberadaan tersangka sendiri, kita takut YD melarikan diri”, katanya.

Baca Juga  SAMBUT RAMADHAN, ANAK-ANAK GRIYA REVARI IKUTI LOMBA

Kedepan, kata Kris, 7 hari sebelum masuk 20 hari, pihaknya akan sesegera mungkin melimpahkan berkasnya ke pihak Pengadilan Negeri (PN) Lahat.

“Segera kita susun berkasnya, nanti seminggu sebelum jatuh masa tahanan 20 hari, kita limpahkan ke PN untuk disidangkan”, papar Kris, lagi.

Diketahui, bahwa sesuai hasil temuan, penyelidikan dan penyidikan pihak berwajib di lapak mie kuning miliknya, YD telah menggunakan zat formalin. Sehingga ia terpaksa harus digelandang ke Mapolres Lahat berikut barang bukti berupa 10 ton mie kuning yang mengandung formalin, di kawasan PTM Squer pada bulan Juli 2016 silam.

Editor : UJANG, SP

Baca beberapa Berita sebelumnya :

KAJARI LAHAT : KASUS MIE BERFORMALIN “P21”, TUNGGU TAHAP II

Check Also

Hadiri Sidang PMH LPG Subsidi di PN Lahat, SBM Linggau MOR II Ditolak Hakim Tanpa Kuasa Dirut PT. Pertamina

Author : Ujang LAHAT, LhL – Sidang kedua gugatan Perbuatan Melawan Hukum (PMH) antara Yayasan …

SMM Panel

APK

Jasa SEO