Home / LAHAT METROPOLIS / Kecamatan Kota Lahat / 2 UNIT MOBIL SIAP AWASI ANGKUTAN BATUBARA

2 UNIT MOBIL SIAP AWASI ANGKUTAN BATUBARA

Lahat, LhL – Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Daerah (Perusda) Pertambangan dan Energi Kabupaten Lahat, Mahmud Ibrahim Siregar didampingi Direktur Operasional, Djouaras Amaludin menyampaikan, bahwasanya pihaknya berencana menjalankan operasional unit mobil pengawas angkutan batubara Perusda Lahat ke Pelabuhan PT EPI dan program lanjutan dalam kegiatan angkutan batubara rute Lahat- Muara Enim-Pali pelabuhan PT EPI.

“Sesuai dengan komitmen bisnis yang memberikan manfaat dan tidak meresahkan masyarakat, Perusda Lahat dan PT EPI mulai 5 Oktober 2016 akan mengoperasikan 2 unit mobil pengawas angkutan batubara di sepanjang rute Lahat-Muara Enim-Pali Pelabuhan PT EPI pulang pergi (PP),” katanya, Selasa (4/10).

Mahmud mengungkapkan, Fungsi utama dari unit mobil pengawas ini adalah mengontrol transportir dan supir truck batubara mematuhi dan menjalani peraturan lalu lintas yang berlaku sehingga memberikan keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat di sepanjang rute truck batubara.

“Dalam pelaksanaan teknisnya, unit mobil pengawas setiap hari mulai menyusuri rute Lahat-Muara Enim-Pali-Pelabuhan PT EPI pulang pergi dari sekitar pukul 16.00 WIB sampi dengan pukul 06.00 esok harinya,” terangnya.

Baca Juga  KEJUARAAN "KAPOLRES CUP XI" DIIKUTI ATLIT SE-SUMBAGSEL

Di lapangan, sambung dia, petugas di unit mobil pengawas akan menertibkan truck batubara yang parkir sembarangan di jalan, memberikan pengarahan ke supir untuk konvoi kendaraan sesuai aturan keamanan (min 20-30 m/truck) dan berkoordinasi dengan unit Polantas Polres dan Dishub Kabupaten Lahat maupun Muara Enim.

“Di sepanjang rute, Unit mobil pengawas ini juga dapat digunakan masyarakat sebagai media untuk menyampaikan aspirasi dan keluhan karena kegiatan angkutan batubara ini untuk diselesaikan dan di cari solusinya,” beber Mahmud.

Djouaras menambahkan, setelah unit mobil pengawas ini di laksanakan, selanjutnya akan dilaksanakan beberapa rekomendasi dari rapat dengan polres dan dishub yaitu inisialiasi truck kendaraan batubara yang memakai ijin resmi Perusda Lahat, program CSR untuk wilayah kabupaten yang di lewati truck batubara dan program edukasi supir truck batubara.

Baca Juga  KECUALI UNIT PELAYANAN, 15 FEBRUARI PNS LIBUR

“Saat ini perusda lahat sedang menyiapkan sistem yang tepat untuk inisialisasi truck batubara, sehingga dapat disinkronkan dengan sistem yang di pakai oleh unit lalu lintas di kepolisian dan dinas perhubungan. Diestimasikan akhir Oktober dapat diujicobakan,” ucapnya.

Ia menuturkan, Untuk program CSR, saat ini perusda memulai menyerap aspirasi masyarakat dan organisasi kelembagaan kepemudaan dan media untuk menjadi bahan diskusi Perusda Lahat dan PT EPI untuk menyusun program CSR untuk sementara minimal sampai akhir 2016 atau tiga bulan kedepan.

“Program edukasi supir truck batubara adalah kegiatan yang paling hati-hati disiapkan programnya, karena melibatkan begitu banyak supir truck batubara dan banyak transportir. Program ini juga membutuhkan arahan, bahan edukasi dan kerjasama dengan kepolisian dan Dinas Perhubungan. Program ini direncanakan secepatnya dilaksanakan oleh perusda lahat bekerjasama dgn kepolisian, dinas perhubungan dan transportir,” pungkas Djouaras.

Photo/Naskah : (BENS)

Editor                   : (UJANG, SP)

Check Also

Kompak, Semua RT/RW Talang Jawa Selatan Siap Perjuangan Yulius Maulana Jadi Bupati Lahat 2024

Author : Ujang LAHAT, LhL – Ingin mengenal lebih dekat sosok Yulius Maulana Calon Bupati …

SMM Panel

APK

Jasa SEO