Home / LAHAT METROPOLIS / Kecamatan Kota Lahat / DEMI MEMUDAHKAN PENGAWASAN, BPPOM HARUS ADA DILAHAT

DEMI MEMUDAHKAN PENGAWASAN, BPPOM HARUS ADA DILAHAT

LAHAT, LhL  – Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes), dr H Rasyidi Amri MT MKM membenarkan, bahwasanya di Bumi Seganti Setungguan belum ditemukan keberadaan dari apotek rakyat.

“Alhamdulillah belum ada apotek rakyat di Kabupaten Lahat,” singkatnya, ditemui, di ruang kerjanya, Selasa (27/9).

Hanya saja, sambung dia, kendatipun dalam pengawasan terhadap makanan maupun obat-obatan memang tidak sepenuhnya, tapi, pihaknya terus melakukan monitoring terhadapnya, sehingga ketika masyarakat mengkonsumsinya tidak merasa was-was.

“Memang Dinkes tidak sepenuhnya melakukan pengawasan, oleh sebab itulah, kalau bisa di setiap kabupaten/kota memang diperlukan adanya Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM), sehingga mereka mampu bergerak secara menyeluruh,” ungkap H Rasyidi.

Baca Juga  CIK UJANG BERSAMA KELUARGA COBLOS DI TPS 18

Lihat saja, H Rasyidi, belum lama ini ada anak-anak sekolah dasar (SD) maupun masyarakat di Kecamatan Jarai keracunan makanan ketika dikonsumsi, walaupun di Dinkes memiliki laboratorium, tetap saja, harus dikirim ke Palembang.

“Kita (Dinkes, red) sekedar mengeluarkan rekomendasi semata, sedangkan wewenang penuhnya ada di BBPOM. Oleh sebab itu, tidak hanya kehadiran BNN di 17 kabupaten/kota, melainkan balai dimaksud pun ikut serta ambil bagian,” jelasnya.

Baca Juga  MARIO ANDRAMARTIK, POTENSI YANG TERSEMBUNYI

Ia mengharapkan, alur dari peredaran obat-obatan yang ada di setiap apotek, tentunya sudah ada pengawasan, dimana, disana ada apoteker atau asisten apoteker bertugas sebagai monitoring, supaya tidak ada masuk secara ilegal ataupun sudah kadarluarsa.

“Tugas dari merekalah harus dijalankan 100 persen, supaya masyarakat yang mengkonsumsinya aman, sehat dan lekas sembuh bukan malah sebaliknya,” tandas H Rasyidi.

Photo/Naskah : (BENS)

Editor                   : (UJANG, SP)

Check Also

Hadiri Sidang PMH LPG Subsidi di PN Lahat, SBM Linggau MOR II Ditolak Hakim Tanpa Kuasa Dirut PT. Pertamina

Author : Ujang LAHAT, LhL – Sidang kedua gugatan Perbuatan Melawan Hukum (PMH) antara Yayasan …

SMM Panel

APK

Jasa SEO