Home / LAHAT METROPOLIS / Kecamatan Kikim Timur / LOMBA BIDAR MASIH TERUS DILESTARIKAN

LOMBA BIDAR MASIH TERUS DILESTARIKAN

MERAPI TIMUR,LhL – Lomba perahu Bidar tak bisa luput dari penyelenggaraan peringatan untuk Menyambut HUT RI ke-71 tahun, tradisi sudah melekat erat dalam kehidupan masyarakat Sumatera Selatan, khususnya yang bermata pencarian di pinggir sungai untuk menyambut HUT RI ke-71 yang bertujuan untuk memeriahkan hari kemerdekaan 17 Agustus 2016.

IMG-20160811-WA0014

Lomba Bidar adalah lomba mendayung perahu yang dinamai Bidar, seni dayung tradisional ini hidup sejak zaman dahulu sehingga  hadir di perayaan hari besar terutama hari proklamasi kemerdekaan RI lomba bidar di dilangsungkan biasanya disungai yang mengalir, Bidar yaitu singkatan biduk lancar.

Baca Juga  HADIRI TABLIGH AKBAR, ASWARI MEMBAUR DENGAN MASYARAKAT SP 3 BUMI LAMPUNG

“Seperti yang sudah kita ketahui bersama lomba bidar sudah menjadi tradisi bagi masyarakat di sumatera selatan sehingga harus dilestarikan dan diperlombakan disetiap perayaan hari jadi dalam rangka menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia,” ungkap Reni warga Desa Marlawai kecamatan Merapi Timur saat diwawancarai wartawan LhL.

IMG-20160811-WA0012

Perlombaan perahu  bidar disaksikan oleh masyarakat dari berbagai Desa yang ada di Kecamatan Merapi tersebut yang ingin menonton perlombaan dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-71  di Desa marlawai kecamatan Merapi Timur.

Baca Juga  Bupati Lahat Menghadiri Haflah Akhirussanah Ponpes Abdur Rohman di Kecamatan Kikim Timur

Naskah / Photo (Iin)

Check Also

Hadiri Undangan, Ribuan Masyarakat Cecar Sambut Kehadiran Yulius Maulana

Author : Ujang LAHAT, LhL – Calon Bupati Lahat 2024-2029, Yulius Maulana, ST didampingi Ketua …

SMM Panel

APK

Jasa SEO