Home / LAHAT METROPOLIS / Kecamatan Pulau Pinang / SAMBUT HUT RI, ASWARI LEPAS PESERTA LOMBA RAKIT DAN BERANYUTAN

SAMBUT HUT RI, ASWARI LEPAS PESERTA LOMBA RAKIT DAN BERANYUTAN

PULAUN PINANG, LhL – Untuk menyambut Hari Jadi Republik Indonesia yang ke 71, yang tepatnya jatuh pada tanggal 17 Agustus tahun 2016, Pemerintah Kabupaten Lahat, melalui Dinas Pariwisata dan Budaya Kabupaten Lahat helat acara lomba Rakit tradisional an beranyutan yang di ikuti ribuan peserta. Untuk para peserta lomba rakit sebanyak 700 orang. sedangkan peserta lomba beranyutan sebanyak 1500, Minggu 07/08/2016.

IMG-20160807-WA0008

Acara tersebut langsung di buka oleh Bupati Lahat H, Saifudin Aswari Riva’i, SE, yang di dampingin oleh Wakil Bupati Lahat, Koporles Lahat, Dandin 0405, Ketua tim penggerak PKK Lahat, Kepala Dinas Pariwisata dan Jajaran SKPD Kabupaten Lahat.

IMG-20160807-WA0009

Lomba rakit tradisional dan beranyutan, mengambil start di Sungai Lematang yang tepatnya di Desa Tanjung Mulak, Kecamatan Pulau Pinang. Dalam lomba rakit tradisional dan beranyutan ini, peserta diwajibkan menyusuri sungai sejauh sekitar 10 Km, menuju desa Pagar Negara, Kecamatan Kota Lahat. Medan yang harus dilalui cukup terjal, mulai dari melawan derasnya arus air, hingga menghindari bebatuan yang tersebar di sepanjang sungai. Karena jumlah peserta cukup banyak, sungai pun berubah bak lautan manusia.

Baca Juga  PENGENDARA KHAWATIR AKIBAT PASIR BERHAMBURAN DI JALAN

IMG-20160807-WA0006
Bagi peserta lomba beranyutan, mereka tidak harus mengeluarkan tenaga cukup banyak. Karena tidak harus secepatnya menuju finis, sebab hadiah dibagikan secara diundi. Jadi mereka hanya cukup menjaga keseimbangan pada ban yang digunakan, agar tidak jatuh kedalam air.

IMG-20160807-WA0002

Berbeda dengan peserta lomba rakit, yang dalam satu tim berisi dua orang. Mereka menggunakan bambu yang disusun dengan tali sebagai alat pertandingan. Mereka juga dilengkapi dengan tongkat, untuk sebagai pengendali laju rakit. Tiap tim di haruskan tiba secepatnya di garis finis, untuk bisa menjadi pemenang. Namun hal tersebut tidak mudah, karena jika tudak bias mengendalikan rakit dalam kecepatan tinggi, peserta bisa kehilangan keseimbangan.

Baca Juga  LIMBAH MESIN GILING PADI, DIDUGA CEMARI PEMANDIAN WARGA TALANG SEJEMPUT

Sambutan Bupati Lahat H, Saifudin Aswari Riva’i, SE, sekalagus membuka secara resmi lomba rakit dan beranyutan mengucapkan terima kasihnya kepada panitia, yang mana telah berupaya untuk menyukseskan acara Lomba Raket dan Beranyutan dalam rangka menyambut Hut RI Ke 71. “Untuk para peserta yang mengikuti lomba rakit dan beranyutan, agar berhati- hati di dalam mengikuti lomba, jaga keselamatan dan pulang dengan membawa hadiah”, harap Aswari.

Ketua Partai Gerindra DPD Sumsel ini menghimbau kepada seluruh camat dan kepala desa, agar menggelar berbagai lomba dan memasang umbul- umbul serta Bendera Merah Putih, guna menyambut dan memeriakan Hari Jadi Republik Indonesia yang 71. “Dengan itu semua, berarti kita sudah memiliki rasa Nasionalisme serta menghormati perjuangan para pahlawan yang berkorban meraih kemerdekaan”, tutup Aswari.

PhotoNaskah : (GANDA COY)

Check Also

Usai Jum’at Curhat, Kapolres Lahat Kunjungi 3 Mapolsek

Author : Ujang/Humres LAHAT, LhL – Pada hari ini, Jum’at 26 Januari 2024, Kapolres Lahat, …

SMM Panel

APK

Jasa SEO