Home / LAHAT METROPOLIS / Kecamatan Merapi Selatan / SELAIN JAMUR TIRAM JAREK JUGA TEKUNI TERNAK LELE

SELAIN JAMUR TIRAM JAREK JUGA TEKUNI TERNAK LELE

MERAPI SELATAN, LhL – Untuk mengisi waktu luangnya sebagai pambudidaya jamur tiram Karek mencoba melirik pembudidayaan ikan lele.

foto2280

Karek mengakui, dirinya tertarik untuk berternak lele lantaran memelihara lele tidak terlalu susah, cukup diberi makan pur atau pelet, selain itu lele juga kuat terhadap perubahan cuaca apapun. “Untuk pakan lele cukup dikasih pur atau pelet dan usus ayam potong yang biasa di buang dari tempat potong yam dipasar,” ungkapnya.

Baca Juga  H-3 PASAR KALANGAN DISERBU WARGA

karena lele selain kuat terhadap kondisi air apapun juga kuat terhadap berbagai penyakit. “Lele tahan hidup di lumpur dan kondisi air apapun, tidak hanya itu lele juga mudah besar sehingga sangat menguntungkan” jelas Karek.

foto2282

Selain alasan diatas, kata Karek, dalam perawatan lele tidak butuh banyak waktu, cukup dua kali pemberian pakan dalam sehari. “Dari mulai pembibitan sampai panen lele hanya butuh waktu dua sampai tiga bulan tergantung cuaca, jika musim hujan lele agak lambat dalam perkembangannya tapi di musim panas lele akan cepat berkembang” terangnya.

Baca Juga  Kapolres Lahat Pantau 2 Polsubsektor di Pelosok Kecamatan

Sementara untuk bibit diakui Karek sangat mudah dicari, harganya juga relatif murah. “Selain kemudahan kemudahan diatas, bibitnya sangat gampang dicari dan dibesarkan” tukasnya.

 

Naskah / photo (I’in)

Check Also

Pj Bupati Lahat Hadiri Musrenbang RKPD Lahat 2025 Merapi Area

Author : RIO P LAHAT – PJ. Bupati Lahat Muhammad Farid S. STP. M. Si …

SMM Panel

APK

Jasa SEO