Home / LAHAT METROPOLIS / Meski Belum Siap dengan Jadwal Kampanye, YM-BM Tetap Konsisten Hadiri Deklarasi Kampanye Damai
Suasana di KPU Lahat

Meski Belum Siap dengan Jadwal Kampanye, YM-BM Tetap Konsisten Hadiri Deklarasi Kampanye Damai

# Paslon Berlian dan BZ-WIN Tidak Mau Hadir, Keduanya Hanya Utus Perwakilan.

Author : Ujang

LAHAT, LhL – Seperti diketahui bahwa kemarin KPU Lahat telah melaksanakan pengundian nomor urut Paslonkada peserta Pilkada Lahat 2024.

Adapun hasil pengambilan nomor tersebut, Paslon YM-BM nomor urut 1, BZ-WIN 2 dan Paslon Berlian nomor 3.

Hari ini, Selasa (24/9/2024), KPU Lahat melaksanakan Deklarasi Damai yang akan diikuti oleh seluruh Paslon di Halaman Kantor KPUD Lahat.

Namun di luar dugaan, dari ketiga Paslon yang diundang, hanya YM-BM yang datang tepat waktu sekitar pukul 13.45 dari waktu pukul 14.00 yang direncanakan.

Ditunggu hingga pukil 16.00, Paslon nomor 2 dan 3 belum  hadir hingga berita ini diterbitkan, waktu mendekati pukul 16.30, nampak perwakilan kedua Paslon 2 dan 3 datang.

Berita yang beredar di sebuah media online, Paslon 2 dan 3 sengaja tidak akan hadir karena kecewa dengan jadwal kampanye yang tetah dipublis oleh KPU Lahat, karena dinilai kedua Paslon tanpa kompromi dalam menentukan jadwalnya.

Baca Juga  Tusuk Perzen Hingga Tewas, DH Mendekam di Mapolsek PAU

Salah satu komisioner KPU Agusman menyebut, bahwa jadwal tersebut sudah dibahas sejak kemarin dengan timses masing-masing Paalon dan akan direvisi sesuai kesepakatan nantinya.

“Rencana kita akan kita ajak rembukan lagi ketiga Paslon terkait jadwal itu, namun dengan tidak hasirnya 2 Paslon lainnya, bagaimana kita mau diskusi tentang itu”, kata Agus.

Sementara itu, Nopran Marjana selaku (Ketua Tim Pemenangan YM-BM mengatakan bahwa apapun ceritanya, pihak YM-BM tetap menghadiri Deklarasi Kampanye Damai yang digelar KPU Lahat hari ini, meski pihaknya juga tak sepenuhnya menerima jadwal tersebut.

“Sebenarnya kita juga belum siap untuk melamksanakan kampanye di Dapil 4 seperti yang diedarkan itu”, ungkap Anggota DPRD Partai Gerindra ini.

Baca Juga  Festival Sriwijaya 2023 Diapresiasi Kemenparekraf RI

Tapi, sambung dia, sesuai PKPU nomor 13 Tahun 2024
Tentang Kampanye Pilgub dan Pilbup/Walikota, semestinya para paslon mesti hadir dulu untuk deklarasi Kampanye Damai yang diagendakan KPU hari ini.

“Aturan itu tertera pada Bab 2 (Dua) Pasal 4 ayat (4) bahwa KPU Kabupaten/Kota menetapkan jadwal palaksanaan Kampanye untuk pemilihan Bupati dan Bakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota”, urainya.

Lalu pada ayat (7) bahwa pedoman jadwal tahapan kampanye pemilihan, sebagaimana dimaksud pada ayat 6 tercantum dalam lampiran 1 merupakan bagian tidak terpisahkan dari peraturan komisi ini.

“Artinya, ini memang kewenangan KPU dan tidak bisa diintevensi oleh pihak manapun”, tutup Novran.

Editor : RON

Check Also

Hasil Undian Nomor Urut Pilkada di KPU : Paslon 1. YM-BM, Paslon 2. BZ-WIN dan Paslon 3. Berlian

Author : Ujang LAHAT, LhL – Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lahat menggelar acara pengundian nomor …

SMM Panel

APK

Jasa SEO