Home / HUKUM & KRIMINAL / Kejari Lahat Bakal Fokus Soroti Indikasi Penyelewengan DD di Semua Desa

Kejari Lahat Bakal Fokus Soroti Indikasi Penyelewengan DD di Semua Desa

Author : Tahrim

LAHAT, LhL – Banyaknya Kepala Desa dan juga Penjabat Kepala Desa yang tersandung kasus hukum seperti penyelewengan penggunaan Anggaran Dana Desa (ADD) maupun dana lainnya, mendapat atensi serius dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Lahat Toto Roedianto, Sos, SH, MH.

Korupsi yang dilakukan sejumlah kepala desa modusnya hampir sama, antara lain dengan membuat kegiatan fiktif, penggelembungan anggaran, pemotongan dan sebagainya.

Seperti yang sedang ditangani oleh seksi Pidana Khusus (PIDSUS) penyelewengan penggunaan ADD Desa Tanjung Raya Kecamatan Tanjung Tebat dan tidak tertutup kemungkinan terhadap laporan laporan dari masyarakat maupun Lembaga Swadaya Masyarakat jika ada dugaan korupsi dan penyelewengan di berbagai desa lainnya.

Baca Juga  Hadiri Acara Ngunduh Mantu, YM Disambuat Antusias Masyarakat Desa Gunung Agung Merapi Barat

” Sudah kita ingatkan berkali-kali lewat berbagai kesempatan maupun lewat media massa. Seluruh Kepala Desa kita minta hati hati dan jangan menyalahi aturan dalam menggunakan Dana Desa,” tegas Kejari Lahat Toto Roedianto, Senin, (27/5/24).

Dikatakan Kejari Lahat saat ini Alokasi Dana Desa memang terbilang besar karena mendapat tambahan dari APBN, tapi Kepala Desa tidak boleh lupa daratan dan merasa menguasai dana itu.

Baca Juga  Opening Ceremony Porprov Sumsel ke XIV/2023 di Lahat Resmi Dimulai

” Kepala Desa tidak boleh terlena, makanya seluruh anggaran dana harus dikelola secara transparan melalui bendahara. Jangan Kepala Desa yang membawa pulang uang saat pencairan dana Dana Desa,” pesan Toto Roedianto.

Selain itu lanjut Kejari Lahat Pejabat atau Pj Kades juga rentan melakukan korupsi, dia meminta pihak terkait berhati-hati dalam menunjuk Pj Kades.”Makanya harus hati-hati juga dalam menunjuk Pj. Kades,” tutup Toto Roedianto, S.Sos,.SH,.MH.

Editor : RON

Check Also

Wakili Yulius Maulana, Ujang Doakan Kedua Mempelai di Desa Giri Mulya

Author : Nop LAHAT, LhL – Sebagai seseorang yang memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi, Yulius …

SMM Panel

APK

Jasa SEO