Home / LAHAT METROPOLIS / PJ. BUPATI LAHAT AJAK PIHAK PERUSAHAN TAMBANG BATUBARA TANAM POHON TABEBUYA

PJ. BUPATI LAHAT AJAK PIHAK PERUSAHAN TAMBANG BATUBARA TANAM POHON TABEBUYA

Author : Ujang

LAHAT, LhL – Pj. Bupati Lahat Muhammad Farid melalui Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lahat bekerja sama dengan pihak pemilik IUP Perusahaan Tambang Batubara yang ada di Merapi Area untuk menanam Pohon Tabebuya, sebagai pohon pelindung untuk menyerap polusi udara yang tercemar akibat dampak dari aktifitas tambang Batubara yang diangkut menggunakan Truk yang setiap hari hampir 5000 ribu angkutan Batubara melintas di jalan umum menuju stasiun terakhir kereta api.

Salah satu perwakilan dari pihak PT. Golden Great Borneo (GGB) mengatakan, pihaknya sudah berkontribusi untuk membantu 200 batang pohon jenis Tabebuya dengan harga per batang Rp 200.000 ; (Dua Ratus Ribu Rupiah) dan kita sudah mempersiapkan untuk menanam di sekitar mulut tambang.

“Di pinggir jalan mulai dari Desa Prabumenang jalan lintas tengah Sumatera, agar bisa mengurangi polusi udara dan sebagai pelindung kanopi udara kotor tetap akan terserap hingga menjadi sehat. Penanaman pohon tabebuya mirip pohon sakura di Jepang dan banyak di tanam di kota kota besar di Jakarta, Surabaya ini sangat baik peduli lingkungan yang sehat”, ungkapnya.

Baca Juga  "Nak Ngaleh Ase", Masyarakat Kikim Selatan Antusias Sambut Kedatangan Yulius Maulana

Pihaknya, kata dia, perusahaan tambang Batubara khususnya PT. GGB siap mendukung program Pemerintah Daerah Lahat.

“Ini untuk Lahat hijau dan sehat”, ucap Humas PT. Gl GGB di kantornya kepada Wartawan, Selasa (2/4/24).

Terpisah Humas PT. BSR Topan mengatakan, untuk menanam pohon sebagai pelindung di pinggir jalan lintas Sumatera jenis Pohon Tabebuya. Selain sebagai penghijauan, pohon tabebuya juga bermanfaat menjadi pelindung dari polusi karenanya tabebuya banyak ditanam di pinggir jalan kota besar mampu menangkal polusi udara ataupun menyerap udara yang tercemar.

“Seperti apa yang dicanangkan oleh pihak Pemerintah Daerah Lahat melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bekerja sama sejumlah Perusahaan Tambang Batubara yang ada di wilayah Merapi Area, kami sangat mendukung program ini, Lahat menjadi hijau dan sehat”, ujarnya.

Baca Juga  Gencarkan Dikmas, Satlantas Polres Lahat Datangi Sejumlah Sekolah di Kikim Area

Adapun Sejumlah Perusahaan Tambang Batubara yang sudah memberikan tanaman pohon Tabebuya di antaranya, PT. BAU 300 batang, PT.BGG 50 batang, PT.LDP 25 batang, SERVO 135 batang, PT. BP 50 batang, PT.MIP 50 batang, PT.MAS 50 batang, PT. BSR 50 batang, PT.BPI 50 batang, PT.BT 30 batang, TM BME 30 batang , PT. IJAP 25 batang, PT. BBA 50 batang, PT.GGB 200 batang, dan PT.KAI 30 batang.

Total Jumlah nya ada 1.125 batang Pohon tabebuya yang sudah siap untuk di tanam di Sejumlah titik di sepanjang jalan umum yang dilintasi angkutan Batubara.

Editor : RON

Check Also

11 Pengunjung Golden Star Karaoke Diamankan Petugas Gabungan Polres Pagaralam

Author : Toni Ramadhani PAGARALAM, LhL – Sebanyak 11 pengunjung Karaoke Golden Star di Kota …

SMM Panel

APK

Jasa SEO