Home / LAHAT METROPOLIS / Kecamatan Kota Lahat / Ubah Sistem Pengarsipan, Pemkab Lahat Luncurkan Aplikasi Srikandi

Ubah Sistem Pengarsipan, Pemkab Lahat Luncurkan Aplikasi Srikandi

Author : BRP

LAHAT, LhL – Pemerintah Kabupaten Lahat melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan menggelar kegiatan Launching Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi) di Gedung Pertemuan Pemerintah Kabupaten Lahat pada hari Rabu (27/3/24) pukul 08.30 WIB.

Kegiatan ini dihadiri oleh Pj Bupati Lahat, Muhammad Farid, S. STP, M. Si, Sekda, Chandra, SH, MM, Staf Ahli, Asisten, seluruh Kepala OPD, seluruh Kabag, seluruh Camat dan undangan lain.

Seperti sudah diketahui,bahwa Srikandi merupakan aplikasi yang diluncurkan pemerintah sebagai aplikasi umum bidang kearsipan yang dapat mendukung pengelolaan arsip dan tata kelola pemerintah berbasis elektronik, dengan target pengguna yaitu seluruh instansi pusat dan pemerintah daerah.

Baca Juga  TOM'S SPEED IKUTI KEJUARAAN NASIONAL BALAP MOTOR BUPATI MUSI BANYUASIN

Launching aplikasi Srikandi ini merupakan wujud nyata komitmen Pemerintah Kabupaten Lahat untuk mengelola arsip sesuai amanat Undang Undang Nomor 43 tahun 2009 tentang Kearsipan dan Peraturan Presiden Nomor 95 tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Muhammad Farid menyampaikan bahwa Aplikasi Srikandi ini adalah perwujudan inovasi Transformasi Digital, yang akan mengubah cara pengarsipan di Kabupaten Lahat menjadi lebih efisien dan efektif.

“Keinginan pemerintah untuk paperless dapat diakomodir melalui penggunaan aplikasi ini yang mempunyai nilai lebih pada mekanisme pengarsipan digital, serta jangkauan secara nasional sehingga lebih efektif dan efisien”, jelas Muhammad Farid.

Baca Juga  Cik Ujang Kunjungi Seluruh Cabor Porprov XIV Sumsel

Ia juga menambahkan agar aplikasi Srikandi berjalan baik, Muhammad Farid juga mengingatkan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan untuk memperhatikan sarana pendukung, diantaranya listrik dan jaringan internet yang memadai.

“Agar aplikasi Srikandi berjalan dengan baik hendaknya ditentukan dari diri kita sendiri. Saya meminta agar Dinas Perpustakaan dan Kearsipan agar berkoordinasi dengan dinas yang belum menerapkan Srikandi untuk bersama menyiapkan keperluan seperti daya listrik dan jaringan internet yang memadai. Sebab secanggih apapun teknologi yang digunakan namun kalau manusianya tidak mendukung akan sia – sia”, tambah Muhammad Farid.

Editor : RON

Check Also

Aplikasi Sistem Informasi Geoportal Kebijakan Satu Kabupaten Lahat, Peta Dilaunching

Author : BRP LAHAT, LhL – Mewakili Pj Bupati Lahat, Sekda Lahat Chandra, SH, MM …

SMM Panel

APK

Jasa SEO