Home / LAHAT METROPOLIS / Kecamatan Kota Lahat / Jelang Idul Fitri 1445H, Forkopimda Lahat Gelar Rapat Persiapan

Jelang Idul Fitri 1445H, Forkopimda Lahat Gelar Rapat Persiapan

Author : BRP

LAHAT, LhL – Pemerintah Kabupaten Lahat bersama unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) mulai melakukan persiapan menjelang Hari Raya Keagamaan Idul Fitri 1445 Hijriah tahun 2024, di Ops Room Pemkab Lahat, hari Rabu (27/3/24) pukul 10.30 WIB.

Dihadiri oleh Pj Bupati Lahat, Muhammad Farid, S. STP, M. Si, Unsur Forkopimda, Asisten II, M. Ichsan Fadli, S. IP, MM, Kepala OPD terkait, Ketua FKUB, Ketua MUI, Ketua NU, Ketua Muhammadiyah, seluruh Camat dan undangan lain.

Rapat dibuka oleh Muhammad Farid dengan menyampaikan beberapa hal yang perlu disiapkan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah. Mulai dari pengamanan tempat ibadah dan keramaian, persiapan jelang mudik lebaran, hingga ketersediaan dan kestabilan harga kebutuhan bahan pokok di Kabupaten Lahat.

Baca Juga  WABUP LAHAT PIMPIN APEL BERSAMA ASN PEMKAB LAHAT

“Dalam rapat ini, kami berharap masukan dan saran dari rekan-rekan semua untuk persiapan menghadapi Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah. Maka dengan ini saya meminta kepada semua pihak yang terlibat agar dapat melakukan persiapan dengan maksimal agar lebih baik dari tahun sebelumnya” ujar Muhammad Farid.

Dikatakannya momen hari Raya Idul Fitri merupakan hari yang dinanti-nanti setiap tahunnya oleh lapisan masyarakat khususnya umat muslim. Menjelang hari Raya Idul Fitri banyak kemungkinan persoalan-persoalan yang akan terjadi.

“Seperti peningkatan permintaan kebutuhan pokok masyarakat kecenderungan mengalami peningkatan harga, potensi kecelakaan dan kemacetan lalu lintas, peningkatan kebutuhan layanan transportasi, potensi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat, serta lokasi berpotensi rawan bencana”, tambahnya.

Baca Juga  BKM Masjid Al-qomar Desa Pajar Bulan Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW

“Untuk menyikapi persoalan-persoalan itu kita perlu memonitor harga, ketersediaan barang, dan kelancaran distribusi barang kebutuhan pokok masyarakat, memastikan ketersediaan stok BBM, gas elpigi, dan listrik. Karena pada saat bersamaan selain momen idul fitri juga terjadi budaya mudik yang bisa dipastikan akan terjadi kemacetan”, kata Muhammad Farid.

Menanggapi hal tersebut perwakilan Polres Lahat mengungkapkan bahwa Polri akan mengadakan Operasi Ketupat 2024.

“Diperlukan sinergi dan kolaborasi dengan berbagai pihak untuk keberhasilan Operasi Ketupat 2024 ini, mohon bantuannya kepada rekan-rekan”, ungkapnya.

Editor : RON

Check Also

Bacagub Sumsel Mawardi Yahya Sambangi Relawan di Pagaralam

Author : Toni Ramadhan PAGARALAM, LhL – Mempunyai program besar adalah solusi bagi masyarakat di …

SMM Panel

APK

Jasa SEO