Home / PEMPROV SUMSEL / Pj Gubernur Fatoni Buka Pasar Murah BPKP Sumsel, Upaya Pemerintah Kendalikan Inflasi dan Stabilkan Harga Pangan

Pj Gubernur Fatoni Buka Pasar Murah BPKP Sumsel, Upaya Pemerintah Kendalikan Inflasi dan Stabilkan Harga Pangan

Author : Elan A

PALEMBANG, LhL – Pj Gubernur Sumsel, A. Fatoni didampingi Kepala Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Sumsel, Sofyan Antonius membuka Operasi Pasar Murah Serentak Se Sumsel yang digelar di halaman kantor BPKP Perwakilan Sumsel yang beralamat di Jl. Bank Raya No.2, Demang Lebar Daun, Palembang.

Mengawali sambutannya A. Fatoni mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada BPKP Perwakilan Sumsel atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Ia juga bersyukur BPKP Perwakilan Sumsel menjadi Kantor Perwakilan pertama di Indonesia yang telah menyelenggarakan kegiatan operasi pasar murah.

“ini pertama dilakukan oleh Kantor Perwakilan BPKP di Indonesia. Semoga apa yang dilakukan BPKP Sumsel dapat menjadi contoh bagi kantor perwakilan lainnya untuk menggelar kegiatan serupa dalam rangka menangani dan mencegah inflasi di Indonesia”, tutur A. Fatoni membuka sambutannya.

Dilanjutkannya bahwa Pemprov Sumsel akan menggelar Operasi Pasar Murah secara terus – menerus yang dilaksanakan disetiap hari senin, selasa dan kamis secara serentak di 17 Kab/Kota dengan tujuan untuk pengendalian inflasi di Sumsel serta menjaga harga pangan bisa tetap terjangkau oleh masyarakat, sehingga mereka dapat dengan mudah memenuhi kebutuhan pokoknya dengan harga murah dan mudah untuk diakses.

“Oleh karena itu disampaikan kepada warga sumsel agar memantau dan memonitor dimana lokasi pasar murah selanjutnya akan diselenggarakan dan bapak/ibu, masyarakat dapat menyesuaikan untuk bisa belanja disana”, ucapnya.

Ia juga menghimbau masyarakat untuk tidak perlu khawatir dengan kenaikan harga pangan menjelang hari raya Idul Fitri karena selain ada Operasi Pasar Murah, Pemprov Sumsel juga memiliki Toko Kepo (Kebutuhan Pokok) untuk menyediakan bahan pangan dengan harga murah setiap harinya dan masyarakat dapat berbelanja pada toko tersebut.

Baca Juga  Kapolres Lahat Pimpin Apel Kenaikan Pangkat AKBP Pengabdian dan Sertijab Kabagren

“Apalagi saat ini menjelang idul Fitri harga akan melonjak, tentunya kami akan terus melakukan pasar murah hingga hari raya nanti dan tetap akan kami laksanakan meskipun idul Fitri telah berakhir. Selain itu, setiap harinya kita juga ada toko kepo dimana masyarakat dapat bisa mendapatkan harga pangan murah di sana. Toko Kepo ini juga akan diperluas jangkauannya agar seluruh masyarakat dapat terbantukan”, ujar A. Fatoni.

Selain itu dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1445 H, A. Fatoni mengungkap bahwa Pemprov Sumsel memiliki program mudik gratis yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk bertemu sanak keluarga di kampung halaman, dimana pendaftarannya telah dibuka sejak 25 maret 2024.

“kami juga menyediakan mudik gratis untuk seluruh masyarakat sumsel menggunakan kereta api dan bus. Bapak/Ibu bisa memanfaatkan program ini agar bisa bertemu keluarga yang ada di desa atau kampung. Dan ini telah dibuka pendaftarannya”, ungkap A. Fatoni.

Sementara itu, Kepala BPKP Perwakilan Sumsel, Sofyan Antonius mengungkap bahwa harga komoditi pangan beranjak naik dibulan Ramadhan yang menyebabkan menurunnya daya beli masyarakat dan memicu meningkatnya angka inflasi di Sumsel.

Baca Juga  Wartawan Diintimidasi, Ketua SMSI Silampari Berang

Berkaitan hal tersebut, ia mengatakan bahwa upaya pemerintah dalam mengendalikannya dengan melakukan operasi pasar murah untuk menekan angka inflasi dibawah satu digit serta memberi akses murah kepada masyarakat yang kurang mampu untuk memenuhi bahan pokok mereka dengan harga terjangkau dan tepat sasaran.

“Kami juga merasa bangga karena BPKP dapat menjadi tempat dilaksanakannya pasar murah ini dan ini merupakan kegiatan yang pertama dilakukan oleh Kantor Perwakilan di Indonesia. Kami juga Mengucapkan banyak terima kasih untuk semua pihak yang terlibat atas terselenggaranya operasi pasar murah ini, khususnya kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan”, tuturnya dalam sambutan.

Setelah dibukanya kegiatan pasar murah tersebut terlihat antusias masyarakat cukup tinggi untuk berbelanja. Salah satu warga mengaku sangat terbantukan dengan adanya operasi pasar murah tersebut, ia juga mengucapkan terimakasih kepada Pj. Gubernur Sumsel, A. Fatoni yang telah menginisiasi gerakan pasar murah serentak se sumsel.

Berikut beberapa komoditas yang tersedia pada pasar murah yang diselenggarakan diantaranya Beras Rp50.000/50Kg, Telur Rp25.000/Kg, Gula Pasir Rp13.000/Kg, Minyak Rp13.000/Liter, Bawang Putih Rp25.000/Kg, Bawang Merah Rp12.500/Kg, dan Cabe Merah Rp20.000/Kg. Dan masih banyak komoditas lainnya yang disediakan disana.

Turut hadir Kepala Bulog Wilayah Sumsel dan Bangka Belitung, Mohammad Alexander, Ketua Satgas Pangan Polda Sumsel, Kombes Pol Bagus Suropratomo, Dirut PT. Jamkrida Sumsel, H. Irwansyah dan Para Kepala OPD Prov. Sumsel.

Editor : RON

Check Also

PJ Bupati Lahat kukuhkan 308 Kepala Desa Kabupaten Lahat

Author : Ujang LAHAT LhL – Selasa (16/7/24) Pj Bupati Lahat, Muhammad Farid, S. STP, …

SMM Panel

APK

Jasa SEO