Home / LAHAT METROPOLIS / Kecamatan Mulak Ulu / Bupati Lahat Launching Jaring Kita dan Peresmian Kebun Buah di Desa Lesung Batu

Bupati Lahat Launching Jaring Kita dan Peresmian Kebun Buah di Desa Lesung Batu

Author : Ivi Hamzah

MULAK ULU, LhL – Bertempat di lapangan bola kaki Desa Lesung Batu kecamatan Mulak Ulu Kabupaten Lahat Sumatera Selatan, hari ini Rabu (15-11-2023), dilaksanakan kegiatan Aisyiyah kabupaten lahat yang sekaligus Launching “Jaring Kita” dan peresmian Kebun Buah Cuko Simpou. Kegiatan ini dihadiri Bupati Lahat H. Cik Ujang yang diwakili Kepala Bapeda Lahat Feriansya Eka Putra, Ketua GOW lahat Hj Sumiati Haryanto, Ketua pengurus daerah Aisyiyah Lahat Hj, Laila Kholik M.kes, Dinkes lahat, Kadis Perkebunan, Kadis TPHP lahat, Kadis Perikanan, Wakil Ketua Aisyiyah Pusat Tri Hastuti, dan Uti Bidawati, Ketua Aisyiyah Provinsi Sumsel, PDA Pali, PDA Prabumulih, PDA Banyuasin, Forkopimda lahat yang diwakili Forkopimcam. Kades dan pengurus PAC Mulak Ulu.

Kepala desa Lesung Batu Radius Prawira dalam laporannya mengatakan, ia mengucapkan terimakasih kepada pemerintah kabupaten lahat yang mana telah mendukung beberapa program kegiatan yang ada di desa lesung batu. Dan ucapan terkhusus juga kepada ketua pengurus daerah Aisyiyah lahat ibu Laila Kholik yang telah bekerja keras untuk menjadikan kebun buah cuko Simpou menjadi binaan inklusi Aisyiyah. Dijelaskan Radius, kalau tidak ada bimbingan dan dukungan dari semua pihak, ia yakin apa yang direncanakan dan dikerjakan ini takkan tercapai. Kebun buah yang luasnya lebih kurang 3,5 hektar dengan jarak tempuh dari desa lesung batu kurang lebih 300 meter ini, masyarakatnya sudah berjibaku untuk mewujudkan impian kebun buah ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Maka dari itu ia tak henti-hentinya mengharapkan dukungan dari pemerintah dan semua pihak agar kebun buah cuko Simpou ini menjadi agrowisata di kabupaten lahat.

Baca Juga  Bupati Lahat Hadiri Pelantikan Pengurus IGI Periode 2021-2026

“Sekali lagi kami ucapkan terimakasih kepada semua pihak atas dukungannya. Semoga kebun buah ini nantinya dapat bermanfaat bagi orang banyak,”ucap ketua forum kades Mulak Ulu ini.

Sementara itu, Laila Kholik ketua PDA lahat juga mengucapkan terimakasih kepada semua undangan yang telah hadir. Dijelaskan Laila, bahwa “Jaring Kita” adalah jaringan petani, peternak dan nelayan Aisyiyah. Jaring Kita adalah organisasi secara nasional yang di launching di kabupaten lahat. Tujuannya untuk memandirikan, menciptakan ibu-ibu rumah tangga untuk mengelola pertanian peternakan dan perikanan. Dikatakan Laila, kebun buah cuko Simpou adalah kebun buah terluas di kabupaten lahat binaan inklusi Aisyiyah. Oleh sebab itu ia mengajak semua pihak untuk bersinergi dalam mengembangkan kebun buah ini menjadi agrowisata.

“Kita menciptakan ibu-ibu rumah tangga untuk menambah penghasilan dengan kreatifitas sebagai ibu rumah tangga yang mandiri,” jelasnya.

Mewakili Aisyiyah Pusat ibu Uti Bidawati bidang ekonomi mengatakan, bahwa dengan telah dilaunching “Jaring Kita” berharap ibu-ibu yang tergabung dalam inklusi Aisyiyah dapat mandiri. Dengan dibinanya ibu-ibu rumah tangga untuk menjadi terampil dalam bidang pertanian peternakan dan perikanan akan menambah ekonomi keluarga, dan dapat berkelanjutan untuk membagikan ilmunya ke yang lain sehingga nantinya ibu-ibu yang tergabung di inklusi dapat mendirikan koperasi desa.

Baca Juga  Polres Lahat Kawal dan Amankan Aksi Damai di Depan Kantor Pengadilan Negeri Lahat

“Kami yakin dengan ibu-ibu yang mau berusaha maksimal untuk sebuah kemajuan akan berhasil. Kita lihat hasilnya tadi yang telah diusahakannya budidaya jamur tiram, itu sebuah usaha yang sangat bagus,”ujarnya saat diwawancarai awak media.

Sementara itu Bupati Lahat H. Cik Ujang yang diwakili Feriansya Eka Putra kepala Bapeda lahat, mengucapkan permohonan maafnya atas ketidak hadiran Bupati di acara ini. Karena Bupati dan wakil Bupati Lahat hari ini ada kegiatan yang tak bisa diwakilkan. Feriansya menyampaikan amanat dari bupati lahat, bahwa beliau mendukung penuh beberapa program dan kegiatan untuk kemajuan kabupaten lahat yang Bercahaya. Feri juga menyampaikan apresiasi bupati lahat, atas terluasnya kebun buah cuko Simpou.

“Dengan dilaunching”Jaring Kita” akan menjadikan kabupaten lahat semakin bercahaya, sekali lagi, pemerintah kabupaten lahat mendukung penuh kegiatan Jaring Kita,”tandasnya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan kerjasama kepada OPD, dan dilanjutkan pemakaian serindak dan kinjar oleh seluruh OPD tanda launching “Jaring Kita”
Selanjutnya penyerahan bantuan Bupati Lahat H. Cik Ujang untuk rehab gedung dakwah Muhammadiyah sebesar 1,5 miliar. Diteruskan penyerahan bantuan bibit ikan, bibit tanaman, pupuk, polibag, dan kambing 30 ekor. Selanjutnya seluruh OPD dan Forkopimda menanam berbagai macam jenis buah-buahan secara simbolis.
Acara ini juga diisi berbagai kegiatan dari pemerintah kabupaten lahat, seperti pelayanan kesehatan dengan sunatan massal, pelayanan dari dukcapil pembuatan KK, KTP, KTA, Akta kelahiran. Bazar sembako murah lomba Bueka.

Editor : Ron

Check Also

KPU Lahat Selesaikan perintah MK PUSS Lahat 4

Author : Ibrahim LAHAT, LhL – Perhittungan Ulang Surat Suara di Lahat 4, telah diselesaikan …

SMM Panel

APK

Jasa SEO